Janji Ridwan Kamil Bila Terpilih Jadi Gubernur, Perbanyak Pohon hingga Patenkan Work From Anywhare

ERA.id - Calon gubernur Jakarta, Ridwan Kamil (RK) mengaku, dia berencana untuk menambah jumlah pohon di Jakarta agar lebih rindang jika nantinya memenangkan Pilgub Jakarta 2024. Ia menyebut penambahan pohon itu terutama di wilayah utara dan barat.

"Saya melihat yang rindang di Jakarta itu kebanyakan hanya di Jakarta Selatan, di Utara, Barat agak gersang, maka kita setahun pertama kalau terpilih mungkin dibantu Tim Fanta juga, kita tiga kali lipatkan jumlah pohon di Jakarta," kata Ridwan di di Fanta Headquarters, Jakarta, Senin (2/9/2024).

Mantan Gubernur Jawa Barat ini menjelaskan, jenis pohon yang nantinya ditambahkan bakal harus bisa menyerap polusi udara.

"Supaya semua serindang Jakarta Selatan, tapi dipilih pohonnya yang menyerap polusi kan ada speknya gitu ya jenis-jenis pohon," ujar dia.

Selain itu, Ridwan mengatakan, jika terpilih, ia juga akan menerapkan gagasan bekerja dari mana saja atau work from anywhere dipermanenkan

"Jadi kombinasi perumahan mendekat, bahasa kerennya urban densification gitu, kombinasi pohonnya tiga kali lipat, termasuk gagasan work from anywhere itu kalau bisa dipermanenkan," jelas Ridwan.

Kemudian, sambung dia, pusat-pusat pertumbuhan ekonomi juga bakal didorong lebih banyak lagi. Ia mencontohkan, kawasan TB Simatupang.

"Kayak di TB Simatupang itu sudah keren, orang Jakarta Selatan, tinggalnya di selatan, kerjanya di Simatupang, tidak semua ke Sudirman Thamrin," ungkap Ridwan.

"Orang yang di utara bisa kerja di SCBD-nya ada PIK di sana, orang yang di Kelapa Gading dia tinggal di sana, kerja di sana, tidak usah crossing ke tempat lain. Ini solusi-solusi menyelesaikan masalah dengan solusi, sudah ada konsepnya," sambungnya.