Terobosan Ridwan Kamil Soal Macet, Buat River Way, Terapkan WFH hingga Bangun Pusat Bisnis

ERA.id - Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil menyebutkan ada dua solusi untuk mengatasi macet di Jakarta. Pertama, memfasilitasi pergerakan MRT, LRT, Transjakarta, dan Busway. Lalu, berinovasi membuat river way agar perahu bisa melintasi 13 sungai di Jakarta.

"Kemudian juga perluasan yang namanya perluasan flyover, masih dibutuhkan secara reality," kata Ridwan dalam debat Pilkada Jakarta, Minggu (6/10/2024).

Ia melanjutkan, solusi kedua, RIDO akan mengurangi pergerakan dan membangun pusat-pusat pertumbuhan Central Business District (CBD) di Ancol, Kelapa Gading hingga TB Simatupang. Sehingga, warga Jakarta Selatan bisa tak perlu bekerja hingga ke Jakarta Pusat.

"Orang (Jakarta) Selatan tinggalnya di Selatan, tidak usah ke pusat tinggal di Selatan, kerja di Selatan, nge-mal di Selatan. Orang di (Jakarta) Barat tinggal di Barat kerja di Barat, nomornya di Barat tidak perlu semua ke Pusat," katanya.

RK sapaan akrabnya, juga merencanakan ada work from home (WFH) atau bekerja dari rumah. Sehingga, hal ini diyakini dapat mengurangi kemacetan.

"Senin industri media, Selasa industri hukum sehingga mengurangi pergerakan. Digabung dengan memfasilitasi pergerakan insya Allah mengurangi kemacetan," kata RK.