Ridwan Kamil Sebut Pembangunan Rumah Jadi Prioritas Jika Menangkan Pilgub Jakarta

ERA.id - Calon gubernur Jakarta, Ridwan Kamil (RK) mengatakan, salah satu masalah yang terjadi di Jakarta adalah jarak rumah ke tempat kerja yang terlalu jauh. Menurut dia, salah satu solusi yang akan dilakukannya jika memenangkan Pilgub Jakarta 2024, yakni membangun perumahan di tengah kota.

"Jadi salah satu gagasan dan arahan Pak Prabowo (presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto) salah satunya adalah Jakarta tolong membuat perumahan di tengah kota," kata Ridwan saat berkunjung ke markas Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta di Fanta Headquarters, Jakarta, Senin (2/9/2024). 

Ridwan mengakui bahwa lahan di tengah Kota Jakarta telah habis. Oleh karena itu, pembangunan rumah tersebut nantinya dibangun di atas stasiun, pasar maupun jalan.

"Maka nanti coba upayakan membangun di atas pasar-pasar Jakarta, di atas Manggarai, Dukuh Atas, di atas Tanah Abang, Juanda dan lain-lain. Lahan-lahan pemerintahan yang ditinggal ke IKN, Pak Prabowo menyampaikan untuk perumahan rakyat. Secinta itu Pak Prabowo kepada yang nomer 1, jadi presiden yang peduli dengan perumahan rakyat," jelas dia.

Mantan Gubernur Jawa Barat ini menyebut, pembangunan perumahan itu bakal menjadi prioritasnya bersama pasangan duetnya, Suswono jika terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur Jakarta.

"Jakarta vertikal ya, termasuk gagasan membangun di atas jalan dan lain sebagainya. Itu akan menjadi prioritas," tegasnya.

"Harapan-harapan itu yang akan diperjuangkan ya supaya anak-anak muda yang penghasilannya masih pemula bisa pindah di tengah kota dengan keterjangkauan," sambung Ridwan.

Diketahui, Ridwan Kamil berpasangan dengan Suswono (RIDO) di Pilgub Jakarta 2024. Keduanya sudah resmi mendaftar ke KPU DKI Jakarta pada Rabu (28/8).

Ridwan Kamil-Suswono diusung oleh 10 partai politik pemilik kursi di DPRD DKI Jakarta, yaitu PKS, Gerindra, PAN, Demokrat, PKB, Golkar, PSI, PPP, Perindo, dan NasDem. Serta Partai Gelora dan Prima.