Khofifah-Emil, Risma-Gus Hans, Luluk-Lukman Lolos Tes Kesehatan, KPU Sebut Tidak Terindikasi Narkoba

ERA.id - Tiga pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jatim yang berkontestasi di Pilgub Jatim 2024, dinyatakan lolos tes kesehatan jasmani dan rohani.

Ketua KPU Jatim, Aang Kunaifi mengatakan tiga pasangan calon yakni Khofifah-Emil, Risma-Gus Hans, dan Luluk-Lukman dari hasil tes kesehatan jasmani dianggap mampu untuk maju ke tahap penetapan Paslon maju Pilgub Jatim.

“Kesimpulan pemeriksa tim kesehatan yang telah dibentuk oleh pihak RSUD dr Soetomo itu menyimpulkan dari tigas paslon yang dilakukan pemeriksaan untuk kesehatan jasmani dan rohaninya dianggap mampu,” kata Ketua KPU Jatim, Aang Kunaifi di RSUD dr Soetomo Surabaya, Senin (2/9/2024).

Ia menyatakan bahwa tiga bakal paslon telah lengkap melaksanakan rangkaian tes kesehatan mulai hari sejak Kamis 29 Agustus hingga 1 September 2024. 

Tes itu ditangani oleh tim kesehatan sebanyak 120 dokter di RSUD dr Soetomo Surabaya.

“Yang pertama diperiksa di tanggal 29 itu pasangan calon gubernur dan wakil gubernur atas nama Ibu Khofifah-Emil. Kemudian di tanggal 31-nya itu dilakukan pasangan calon yang mendaftar di hari terakhir di jam 19.00 WIB yaitu Ibu Risma dan Gus Hans," jelasnya.

“Sedangkan pasangan calon yang mendaftar paling akhir di jam 22.00 WIB itu ada Ibu Luluk dan Lukman itu kemudian diperiksa untuk psikotest di tanggal 31. Kemudian di hari berikutnya dilakukan pemeriksaan fisik,” katanya

Sementara itu, Komisioner KPU Jatim Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih Parmas), Nur Salam mengatakan, hasil tes kesehatan ini akan diumumkan secara resmi kepada para paslon pada tanggal 5-6 September 2024.

“Nanti secara tahapan-tahapan kita akan umumkan sesuai tanggal 5-6 sebenarnya kaitannya dengan administrasi soal hasil tes kesehatan,” pungkasnya.