Menghadap Jokowi, Risma Tak Jadi Mundur dari Menteri Sosial?

ERA.id - Bakal Calon Gubernur Jawa Timur Tri Rismaharini bungkam menjawab terkait kemundurannya dari posisi jabatannya sebagai Menteri Sosial (Mensos), usai menghadap Presiden Jokowi, pada Jumat (30/8/2024) lalu. Kepada media, Risma enggan menjawab banyak terkait kemunduran dirinya sebagai Mensos.

Hal itu disampaikannya saat, dia bersama pendampingnya Bakal Calon Wakil Gubernur Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans, setelah berziarah ke makam Raden Rachmat atau Sunan Ampel di Surabaya, Kamis (5/9/2024) siang.

“Nanti saja ya,” kata Risma.

Mantan Wali Kota Surabaya periode 2010-2024 itu mengaku belum mengetahui kemundurannya apakah disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Aku ndak tahu,” ucap Risma sambil berbisik.

Sebelumnya, Risma sempat menyatakan pengunduran dirinya sebagai menteri saat mendaftar pencalonannya di Pilgub Jatim 2024.

“Mundur (dari Mensos). Saya akan besok InsyaAllah kalau bisa minta waktu Pak Presiden untuk mengundurkan diri,” kata Risma di sela ziarah makam Mbah Bungkul di Surabaya, Kamis (29/8/2024) lalu.

Meski, menurutnya tak ada ketentuan yang mengatur menteri harus mundur dari jabatannya meski berkontestasi di Pilkada. Tapi dia akan melakukannga untuk fokus ke Pilgub.

“Tapi emang di aturan tidak diatur, tapi saya akan mengundurkan diri. Dan itu kewenangan beliaunya saya diberikan mundur atau tidak,” ucapnya.

Kemudian, besoknya, Jumat, 30 Agustus 2024, dia datang ke Istana Kepresidenan Jakarta untuk menghadap ke Presiden Jokowi.

“Sampai dengan saat ini, Ibu Risma belum menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Menteri Sosial,” ucap Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana lewat keterangan tertulis, Jumat (30/8/2024) lalu.