Jokowi Pastikan Risma Sudah Keluar dari Kabinetnya karena Pilkada

ERA.id - Presiden Jokowi telah merestui pengunduran diri Tri Rismaharini alias Risma dari jabatan Menteri Sosial (Mensos).

Jokowi menerima surat kemunduruan Bakal Calon Gubernur Jawa Timur, Risma, usai menghadap ke dirinya pada Jumat (30/8/2024) lalu.

“Sudah saya tanda tangani kemunduran dirinya (Mensos Risma),” kata Jokowi saat mengunjungi pasar Soponyono, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (6/9/2024).

Sebelumnya Risma sempat menyatakan pengunduran dirinya dari jabatannya sebagai Mensos saat mendaftar pencalonannya di Pilgub Jatim 2024.

“Mundur (dari Mensos). Saya akan besok InsyaAllah kalau bisa minta waktu Pak Presiden untuk mengundurkan diri,” kata Risma di sela ziarah makam Mbah Bungkul di Surabaya, Kamis (29/8/2024) lalu.

Meski tak ada ketentuan yang mengatur menteri harus mundur dari jabatan meski berkontestasi di Pilkada, tapi dia akan melakukannya untuk fokus ke Pilgub.

“Tapi emang di aturan tidak diatur, tapi saya akan mengundurkan diri. Dan itu kewenangan beliaunya saya diberikan mundur atau tidak,” ucapnya.

Lalu, saat di Surabaya Risma enggan menjawab banyak terkait kemundurannya usai menghadap Jokowi. “Nanti saja ya,” kata Risma, setelah  berziarah ke makam Raden Rachmat atau Sunan Ampel di Surabaya, Kamis (5/9/2024) siang.

Mantan Wali Kota Surabaya periode 2010-2021 itu mengaku belum mengetahui kemundurannya apakah disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Aku ndak tahu,” ucap Risma sambil berbisik.