Jaminkan SK, Sejumlah Anggota DPRD Pasuruan yang Baru Dilantik Langsung Utang ke Bank Hingga Rp1 M

ERA.id - Anggota DPRD Pasuruan Jawa Timur terpilih yang baru saja dilantik ramai mengajukan pinjaman utang ke bank. Mereka berbondong-bondong menjaminkan surat keputusan (SK) pengangkatan anggota dewan itu ke bank.

Plt Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Abdul Karim pun membenarkan hal itu. Ia menyebut ada sejumlah pegawai bank mendatangi gedung DPRD beberapa hari belakangan.

Abdul Karim mengatakan para pegawai bank daerah itu datang untuk mengurus perjanjian utang yang diajukan para anggota dewan. Sekitar empat anggota DPRD yang mengajukan diri untuk meminjam uang.

“Benar ada sekitar empat anggota yang mengajukan diri untuk meminjam sejumah uang. Karena saat melakukan peminjaman, harus ada persetujuan dan tandatangan ketua DPRD,” kata Karim, Kamis (5/9/2024).

Jumlah anggota dewan, kata dia, yang mengajukan pinjaman diprediksi terus bertambah. Sebab, menurutnya ada sejumlah anggota dewan yang masih menunggu berapa besaran gaji DPRD yang diterima.

Sementara pinjaman uang yang diajukan, lanjutnya, mereka berkisar antara Rp500 juta hingga Rp1 milyar. Sementara untuk gaji pokok anggota dewan tersebut yakni sekitar Rp4,3 juta perbulan.

“Untuk gaji pokoknya sekitar Rp 4,3 juta sebulan, itu masih belum termasuk tunjangannya. Kalau yang minjam uang itu berkisar Rp 500 juta sampai Rp 1 milyar. Tapi saya sendiri gak tau pinjamnya untuk apa, itu urusan masing-masing anggota,” tambahnya.

Sekadar diketahui, sebanyak 50 anggota DPRD Pasuruan terpilih Periode 2024-2029, resmi dilantik di Gedung DPR Pasuruan, Rabu (21/8/2024)siang dan dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Bangil, Enan Sugiarto.

Kelima puluh anggota DPRD Kabupaten Pasuruan terpilih terdiri dari 9 anggota dari Dapil 1 (Bangil, Beji, Gempol) diantaranya Samsul Hidaya, Helmi Sudiono Fauzan, Sa'ad Muafi, Rusdi Sutedjo, Adinda Denisa, Elyas, H.Arifin, Nik Sugiharti dan Najib.

Selanjutnya 8 anggota DPRD terpilih dari Dapil 2 (Wonorejo, Rembang, Kraton dan Pohjentrek) yakni M.Shobih Asrori, Mashuda Hidayatulloh, H.M Sudiono Fauzan; Zakaria, Nurul Muhammad Zaini, Mahdi Haris, dan Fatiyyah Az Zahro.

Dari Dapil 3 yang meliputi Grati, Nguling, Rejoso dan Lekok, para legislator yang terpilih diantaranya Hasan Bisri, Laily Qomariah, Akhmad Soleh, Muawir Abdul Salam, Gaung Andaka Ranggi, Eko Suryono, Misto Leo Faisal dan M.Atho'illah Mawardi.

Sedangkan para wakil rakyat terpilih dari Dapil 4 (Lumbang, Pasrepan, Kejayan, Gondangwetan dan Winongan) terdiri dari M.Yusuf Daniyal, Shonhaji Abd Wahid, M. Khoirul Anam, Eko Suyono, Rias Judikari Drastika, Hj Nikmah Jamilah, M.Ghozali, dan Bambang Yuliantoro Putro.

Berikutnya dari Dapil 5 (Purwodadi, Tutur, Puspo, Purwosari dan Tosari), mereka-mereka yang dilantik diantaranya Abd. Karim, Rudi Hartono, Jumain, M. Aminuddin, Agus Setiya Wardana, Akhmad Mujangki, Sugiarto, dan Achmad Aidzin Utama.

Dan yang terakhir adalah dari Dapil 6 (Sukorejo, Prigen dan Pandaan), 9 anggota DPRD terpilih seperti A Wasik Rahman Hamzah, Agus Suyanto, Kasiman, Faizaturrohman, Andri Wahyudi, Sugiyanto, Heru Veri Nur Cahya, Tri Laksono Adi Priyanto, Adib Ghoni Atqon.