Beberapa Kesalahan Menyimpan Ayam di Kulkas yang Harus Diketahui

ERA.id - Ada beberapa kesalahan yang umum dilakukan saat menyimpan ayam di dalam kulkas. Agar kualitas daging ayam tetap terjaga, sebaiknya pahami beberapa kesalahan menyimpan ayam di kulkas di bawah ini.

Ayam merupakan salah satu jenis protein yang cukup dikonsumsi oleh banyak orang. Jenis unggas ini juga cocok dikombinasikan dengan berbagai macam bahan, diolah sebagai ayam panggang, ayam goreng, atau semur ayam.

Kesalahan Menyimpan Ayam di Kulkas

Agar kualitas ayam mentah terjaga kualitasnya dan tidak terkontaminasi, simak kesalahan umum seperti yang dilansir dari mashed.com di bawah ini:

Kesalahan menyimpan ayam di kulkas. (Foto: Antara)

Simpan ayam dekat makanan lain

Para ahli menjelaskan, ayam mentah harus disimpan di tempat yang berjauhan dengan makanan lain. Jessica Gavin, ilmuwan makanan mengatakan penyimpanan ayam harus dipisahkan dari makanan lain agar tidak terjadi kontaminasi silang.

Sebab, ayam mentah dapat menjadi media penularan bakteri Salmonella enteritidis, Campylobacter jejuni, Staphylococcus aureus, dan Listeria monocytogenes yang cepat tersebar ke makanan lain, terutama ke buah, sayuran, atau makanan matang.

Oleh sebab itu, pastikan ayam disimpan dalam rak atau wadah terpisah dari makanan lain, sehingga kontaminasi silang dapat dihindari.

Ditaruh di rak paling atas

Sebaiknya hindari juga menyimpan ayam di rak paling atas kulkas. Para ahli menjelaskan bahwa semua daging mentah, tidak bisa diletakkan di rak paling atas karena sari-sari daging bisa menetes ke makanan lain.

Ayam mentah harus disimpan di rak paling bawah atau di wadah khusus agar bisa mencegah kontaminasi. Karena kontaminasi silang dapat terjadi dengan mudah jika sari ayam bersentuhan dengan jenis makanan lain.

Bahkan, jika menyimpan ayam di bagian bawah kulkas, ahli mikrobiologi Lisa Yakas merekomendasikan agar meletakkannya di wadah kedap udara atau kantong tertutup sebagai tindakan pencegahan.

Suhu penyimpanan tidak tepat

Kesalahan yang paling sering dilakukan yaitu menyimpan ayam dalam suhu yang tidak aman.

Anda harus memerhatikan suhu ketika ayam tersebut dibeli hingga disimpan di dalam kulkas rumah. Jika harus menempuh perjalanan jauh, para ahli menyarankan untuk membungkusnya dalam kantong berisi es batu agar ayam tetap dingin.

Begitu Anda tiba di rumah, ayam harus langsung disimpan di dalam kulkas atau freezer, dan pastikan suhunya cukup dingin.

Mitzi Baum dari Stop Foodborne Illness menjelaskan, penyimpanan ayam mentah di kulkas dengan suhu di bawah 4 derajat celcius penting untuk mencegah perkembangbiakan bakteri berbahaya.

Mencuci ayam mentah sebelum dimasak

Para ahli yang disebut Mashed.com sepakat jika ayam sebaiknya tidak dibilas sebelum disimpan.

Bryan Quoc Le mengatakan, "Mencuci ayam meningkatkan kemungkinan kontaminasi area dapur dan sekitarnya dengan bakteri Salmonella."

Sebelum dan sesudah melakukan pengolahan ayam, pastikan juga agar Anda selalu cuci tangan dengan sabun dan air untuk menghindari kontaminasi silang.

Melumerkan ayam beku di suhu ruang

Banyak orang melumerkan makanan beku dengan cara meletakkannya begitu saja di suhu ruang. Namun, mencairkan ayam beku di meja dapat menimbulkan risiko.

Cara ini dapat dikatakan berisiko sebab Anda tidak dapat mengontrol suhu ayam mentah di ruangan tersebut. Para ahli menyarankan agar memastikan suhu internal tidak pernah mencapai zona bahaya antara 4 derajat celcius dan 60 derajat celcius.

Untuk menjaga ayam pada suhu aman, terlebih dahulu simpan ayam di kulkas semalaman agar dapat dicarikan secara perlahan.

Demikianlah ulasan tentang beberapa kesalahan menyimpan ayam di kulkas, semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…