Suami di Prancis Akui Beri Pil Tidur dan Perkosa Istri Sendiri, Terancam 20 Tahun Penjara

ERA.id - Seorang suami di Prancis, Dominique Pelicot, yang dituduh membius istrinya selama 10 tahun mengakui semua tuduhan yang dilayangkan kepada dirinya. Dia mengaku bahwa dirinya adalah pemerkosa seperti puluhan pria lainnya.

Dominique Pelicot (71) mengakui 50 dakwaan yang dituduhkan kepada dirinya atas kasus pemerkosaan dan pemberian pil tidur kepada istrinya sendiri selama 10 tahun.

"Saya mengakui semua tuduhan itu. Saya pemerkosa seperti yang lain di ruangan ini. Mereka semua tahu, mereka tidak bisa mengatakan sebaliknya," kata Dominique selama persidangan, dikutip BBC, Selasa (17/9/2024).

Sambil menangis, Dominique juga menyampaikan permintaan maafnya kepada istri, anak, serta cucu-cucunya di atas mimbar. Dia mengaku menyesali perbuatannya yang dengan tega memberi pil tidur dan mengundang puluhan pria untuk memperkosa istrinya sendiri.

"Saya meminta istri saya, anak-anak saya, cucu-cucu saya untuk menerima permintaan maaf saya. Saya menyesali apa yang saya lakukan. Saya mohon maaf, meskipun itu tidak dapat dimaafkan," ujarnya.

Dominique Pelicot seharusnya bersaksi minggu lalu dalam kasus yang menggemparkan Prancis, tetapi penampilannya ditunda karena masalah kesehatan. Dia muncul di pengadilan dengan tongkat.

Pria berusia 71 tahun itu menghadapi dakwaan termasuk pemerkosaan, pemerkosaan berkelompok, dan berbagai pelanggaran privasi dengan merekam dan menyebarkan gambar-gambar seksual.

"Ia (Gisele) tidak pantas menerima ini. Saya sangat bahagia bersamanya," katanya.

Di sisi lain, istrinya, Gisele Pelicot, yang juga berada di persidangan mengaku sulit untuk mendengar pernyataan suaminya tersebut.

"Sulit untuk mendengar dari mulut tuan Pelicot apa yang baru saja ia katakan. Selama 50 tahun, saya hidup dengan seorang pria yang tidak pernah saya bayangkan mampu melakukan ini. Saya benar-benar percaya padanya," kaata Gisele.

50 terdakwa berprofesi sebagai sopir truk hingga jurnalis

Jaksa penuntut mengatakan Dominique Pelicot menawarkan seks dengan istrinya di sebuah situs web dan memfilmkan pelecehan tersebut. Selain Dominique Pelicot, 50 pria lain yang dituduh melakukan pemerkosaan juga diadili di kota selatan Avignon.

Para terdakwa diidentifikasi berusia antara 26 hingga 74 tahun dengan berbagai profesi, seperti pengemudi truk, tentara, seorang perawat, seorang spesialis IT, dan seorang jurnalis.

Sebagian besar dituduh mendatangi rumah pasangan pensiunan tersebut di kota Mazan dan memperkosa Pelicot sekali. Beberapa terdakwa dituduh kembali dan memperkosanya berulang kali.

Selain itu, beberapa terdakwa lainnya mengatakan mereka yakin Gisele Pelicot berpura-pura tidur dan sebenarnya telah menyetujui untuk berhubungan seks. Jika terbukti bersalah, para terdakwa akan menghadapi 20 tahun penjara.

Kasus kejahatan ini terungkap setelah polisi menemukan lebih dari 20.000 video dan foto di komputer dan hard drive milik Dominique Pelicot. Kebanyakan dari video dan foto itu diberi tanggal dan label, dalam folder berjudul "penganiayaan.".

Dominique Pelicot ditangkap pada bulan September 2020 karena memfilmkan rok wanita yang berbelanja di toko kelontong. Polisi menyita perangkat elektronik dan laptopnya dari rumahnya, menemukan sejumlah video dan foto pertama, yang menyebabkan penangkapannya pada bulan November atas kejahatan yang lebih luas.