Kemendikbudristek Raih 4 Penghargaan di Media Relations Awards 2024

ERA.id - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meraih empat penghargaan pada Media Relations Awards dalam puncak peringatan ulang tahun ke-78 Serikat Perusahaan Pers (SPS). 

Apresiasi ini diberikan kepada media, korporasi, institusi, dan pemerintah daerah atas sumbangsihnya memajukan industri pers dan ekosistem media selama tahun 2024. 

Pada Sub Kategori Program Press Gathering Terbaik 2024 Gold Winner diraih Direktorat Jenderal Pendidikan (Ditjen) Vokasi, Kemendikbudristek.

Lalu, untuk Sub Kategori Program Press Release Terbaik 2024 Silver Winner diraih oleh Kemendikbudristek dan Ditjen Vokasi. Berikutnya, untuk Sub Kategori Program Press Conference Terbaik 2024 Bronze Winner diraih Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi. 

Pelaksana harian (Plh.) Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (BKHM) Kemendikbudristek, Anang Ristanto, merasa bersyukur atas capaian ini. Terlebih, ini adalah kali pertama siaran pers Kemendikbudristek meraih apresiasi pada kompetisi Media Relations. 

"Selamat atas kinerja dan dedikasi teman-teman selama ini. Semoga prestasi ini bisa menjadi semangat bagi rekan-rekan semua untuk menghasilkan produk media relations yang lebih berkualitas di masa mendatang," ucapnya pada acara HUT ke-78 SPS yang mengangkat tema “Mewujudkan Pers Sehat, Pers Berkualitas” di Bandung, Jumat (20/9).

Dalam sambutan pembukaan, Ketua Umum SPS, Januar P. Ruswita, mengatakan bahwa penghargaan pada perayaan 78 tahun SPS menjadi sangat spesial karena menjadi puncak penyelenggaraan kompetisi Media Brand Awards, Media Relations Award, Pemimpin Divisi Komunikasi, Korporasi, dan Institusi Terpopuler. 

"Semua penghargaan tersebut diperuntukkan bagi media, korporasi, institusi, dan pemerintah daerah. Tak ketinggalan, akan ada juga penghargaan Lontar Awards dan Lestari Awards, bagi pemerintah dan pemimpin daerah atas budi jasa di bidang media dan budaya lokal," tuturnya. 

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa Bandung merupakan tempat di mana jejak pers dan peta kebangkitan nasional dilahirkan. Tiga surat kabar yang lahir di Bandung, Jawa Barat, yakni Medan Prijaji, Soeloeh Indonesia, dan Fikiran Ra’jat, menjadi trisula yang menemani perjuangan Soekarno dan bangsa Indonesia dalam melawan kolonialisme dan imperialisme di berbagai belahan dunia. 

"Dan di tahun ini, jejak pers akan kembali terukir di Bandung melalui penyelenggaraan HUT 78 SPS dan bertepatan dengan perayaan 25 tahun lahirnya UU Pers, yakni UU Nomor 40 tahun 1999,” tuturnya. 

Tahun ini, SPS Indonesia memberikan apresiasi kepada 24 peraih Media Brand Awards 2024 dan 53 pemenang Media Relations Awards 2024, 11 penghargaan kepada korporasi dan institusi terpopuler di media arus utama 2024, serta 13 pemimpin Divisi Komunikasi Terpopuler di media arus utama 2024.

Dalam menentukan pemenang, SPS Indonesia menggandeng lima juri yang kompeten di bidangnya untuk menyeleksi ratusan entri yang masuk. 

"Rata-rata entri yang masuk sangat bagus. Banyak kemajuan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," ungkap Maria Wongsonegoro, PR Consultant, yang menjadi juri kategori Media Relation, Press Conference, dan Press Gathering.

Berikutnya, Praktisi Kehumasan, Jojo S. Nugroho, yang menjadi juri kategori Media Relation, Press Conference, dan Press Gathering, turut menambahkan, "Entri yang masuk lebih banyak 50% dan lebih variatif dari tahun kemarin.”

“Semua yang masuk sudah memenuhi standar press release yang baik. Catatan saya adalah bagaimana memasukkan data dalam sebuah siaran pers," tutur Pung Purwanto, Pemimpin Redaksi Sindonews.com. 

Sementara Tri Agung Kristanto, selaku Wakil Ketua Umum Harian Kompas, mengatakan, "Materi yang masuk sangat beragam. Tim Humas korporat terlihat sudah menguasai teori bagaimana membuat siaran pers yang baik."

Asmono Wikan sebagai juri kategori Media Relation, Press Conference, Press Gathering, dan Press Release, menambahkan, “Ada beberapa entri yang masuk dan mencuri perhatian. Selamat kepada pemenang. Ke depannya semoga bisa lebih baik lagi sukses dan semakin berkembang.”