Desak Pengakuan Negara Palestina Segera, Menlu Retno: Sekarang Waktu yang Tepat!

ERA.id - Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, mendesak pengakuan Palestina sebagai sebuah negara secepatnya demi mewujudkan solusi dua negara. Retno menilai pengakuan negara Palestina harus dilakukan sekarang.

Dalam Pertemuan Tingkat Menteri yang digelar di New York, Menlu Retno menyampaikan kembali penegasannya mengani situasi di Gaza dan implementasi solusi dua negara sebagai jalan menuju perdamaian yang adil dan komperhensif.

Selama pidatonya, Menlu Retno juga menekankan pentingnya pengakuan terhadap negara Palestina, yang dinilai sebagai langkah krusial untuk mewujudkan solusi dua negara.

"Pengakuan ini tidak hanya memberikan harapan bagi rakyat Palestina, tetapi juga merupakan cara penting untuk memberikan tekanan politik kepada Israel untuk menghentikan kekejaman," kata Menlu Retno.

Menlu Retno juga mengkritisi sejumlah negara yang memilih untuk menunda pengakuan negara Palestina dengan alasan 'menunggu waktu yang tepat'. Menurutnya, pengakuan negara Palestina harus segera dilakukan sebelum korban jiwa semakin bertambah.

"Kapan waktu yang tepat itu? Bagi saya, waktunya adalah sekarang. Kita tidak ingin menunggu hingga semua rakyat Palestina terusir atau hingga 100.000 orang terbunuh untuk menganggap bahwa itu adalah waktu yang tepat," tegasnya.

Selain itu, Menlu Retno juga menyoroti urgensi implementasi Resolusi Majelis Umum PBB ES-10/24, yang menuntut Israel untuk mengakhiri kehadiran ilegalnya di Wilayah Pendudukan Palestina. Ia menegaskan bahwa harapan untuk perdamaian akan hancur jika negara-negara anggota PBB tidak memiliki keberanian dan hati untuk menekan satu negara agar mematuhi resolusi tersebut.

"Indonesia mendesak seluruh negara untuk memastikan bahwa implementasi resolusi tersebut benar-benar terjadi," pungkasnya.