Viral di Medsos Komeng Mode Serius di Rapat DPD, Langsung Banjir Pujian

ERA.id - Alfiansyah Komeng kini resmi menjabat menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2024-2029 setelah berhasil terpilih pada Pemilu 2024.

Baru-baru ini, aksi Komeng mode serius viral di media sosial di acara rapat DPD. Momen itu terekam dalam video berdurasi 1 menit 27 detik tersebar luas di X karena gaya berbicara Komeng yang biasanya penuh canda tawa justru tidak dia keluarkan.

"Pelan-pelan Bang Komeng Jangan langsung gaspol Nanti yang lain makin ketinggalan..." ucap akun X @maman1965 yang mengunggah momen itu. 

Di dalam video, Komeng tampak mengenakan pakaian formal, yaitu kemeja putih, jas hitam, dan dasi merah, yang membuat penampilannya tampak profesional. 

Jangankan gaya bicara, look-nya sehari-hari saja sudah tampak berbeda dari citra pelawak yang biasa dikenal masyarakat. 

Belum lagi partisipasi Komeng dalam rapat tersebut tidak hanya sekadar formalitas. Pasalnya, Komeng terlihat serius saat membahas isu terkait anggaran. 

Ia bahkan berani mengkritisi sistem yang ada, khususnya tentang peran partai dalam pengambilan keputusan di lembaga dewan.

"Orang independen cukup berkomunikasi dengan partai, tapi setelah menjadi kepala daerah, anggarannya tidak turun karena kurang dukungan dari partai," kata Komeng. 

Selain itu, Komeng juga menyampaikan pandangannya mengenai pentingnya peran DPD dalam proses penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di masing-masing daerah pemilihan. 

Dia menegaskan, DPD harus berperan aktif dan berkontribusi dalam penyusunan anggaran agar manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Jika memungkinkan, setiap perancangan APBD seharusnya melibatkan anggota DPD dari daerah pemilihan terkait," ujar rekan dari Adul tersebut.

Komeng juga menunjukkan tekadnya untuk mengubah pandangan negatif terhadap DPD. Dia berharap, melalui kerja nyata, DPD dapat menghapus stigma buruk yang sering dilekatkan pada lembaga ini.

"Saya juga sempat tersinggung, katanya banyak yang bergabung di DPD karena daripada menganggur. Maka dari itu, agar DPD lebih kuat, jangan hanya bicara strategi, tapi kapan kita mulai bergerak," ungkapnya.

Potongan video Komeng ini mendapat banyak tanggapan dari netizen yang sebagian besar memberikan pujian atas keseriusan yang ditampilkan Komeng dalam menjalankan peran barunya di DPD. 

"Ga sia-sia pemilu yang lalu saya All in coblos foto bang komeng yang agak laen itu. Demi Indonesia yang semakin Uhuyyyyyyy" kata @saddamprad***.

"Komeng emang cerdas si," tulis @zaof***.

"Ternyata cerdas," ujar @liaasis***.