Usai Sebut 99 Persen Akun Fufufafa Milik Gibran, Roy Suryo Diadukan ke Bareskrim

ERA.id - Sebuah organisasi yang menamakan dirinya Pasukan Bawah Tanah (Pasbata) Jokowi mengadukan politikus yang juga mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo ke Bareskrim Polri pada Jumat (27/9/2024) hari ini.

Aduan ini dilayangkan usai Roy Suryo menyebut akun Kaskus dengan username Fufufafa 99 persen milik Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Sekjen Pasbata Jokowi, Sri Kuntoro Budianto menyebut pihaknya menuntut Roy Suryo untuk lampirkan bukti omongannya dalam waktu 1x24 jam.

"Saya minta dia untuk bisa membuktikan 1x24 jam bukti-bukti apa yang bisa dia sampaikan, sehingga dia bisa menyampaikan hal tersebut karena ini membuat kita resah, gelisah," kata Budianto kepada wartawan di Bareskrim Polri, Jumat (27/9/2024).

Dia menjelaskan pergantian pemerintahan dari Presiden Joko Widodo ke Prabowo Subianto seharusnya disikapi dengan tak membuat kegaduhan. Namun, Roy Suryo malah membuat gaduh dan tak mencerminkan sikap baik sebagai politikus senior.

"Saya selaku orang Solo, warga Solo tidak terima Mas Gibran dibikin framing-framing seperti itu, digiring-giring di-framing untuk menyudutkan beliau

Dalam laporannya, Budianto mengaku membawa sejumlah bukti untuk diserahkan ke penyidik. Namun, dia belum mau menunjukan bukti itu. Sekjen Pasbata Jokowi ini pun menilai Roy Suryo telah melanggar UU ITE.

"Ya, akun berita bohong pasal 27-28 ITE penyampaian berita-berita bohong yang dia hanya menduga-duga dia bilang 99 persen, nah buktinya mana?" jelasnya.

Diketahui, akun Fufufafa sebelumnya ramai dibicarakan karena banyak menghina sejumlah politisi, termasuk Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Netizen mengkaitkan akun itu ke Gibran Rakabuming Raka.

Lalu dalam sebuah podcast Bambang Widjojanto, Roy Suryo mengatakan akun Fufufafa adalah Gibran.

"Ya kita sebagai manusia sebenarnya boleh yakin ya tapi Allah SWT memberikan kita jangan terlalu apa, sempurna gitu. Kalau sempurna kan milik Allah. Yasudah 99,99 persen (akun Fufufafa adalah Gibran)," kata Roy Suryo di akun YouTube Bambang Widjojanto.

Roy Suryo menjawab pertanyaan Bambang perihal betul tidaknya Fufufafa adalah anak Jokowi.