Bos Lion Air hingga Anak Menkumham Bakal Isi Kursi Wakil Ketua MPR 2024-2029

ERA.id - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) akan menggelar Rapat Paripurna penetapan pimpinan MPR periode 2024-2029 pada Kamis (3/10/2024) hari ini.

Seluruh fraksi partai politik telah menyepakati pilihan Fraksi Partai Gerindra yaitu Ahmad Muzani sebagai Ketua MPR. Dia akan didampingi delapan Wakil Ketua dari fraksi-fraksi dan kelompok DPD.

Salah satu yang akan mengisi kursi Wakil Ketua MPR yaitu Rusdi Kirana. Bos maskapai Lion Air itu merupakan anggota MPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"(Rusdi Kirana) sudah. Nanti akan disampaikan secara resmi dalam paripurna MPR untuk ditetapkan dan dilantik menjadi Wakil Ketua MPR RI," kata Ketua Fraksi PKB DPR Jazilul Fawaid di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10).

Selain Rusdi, nama lain yang akan menempati kursi Wakil Ketua MPR periode 2024-2029 yaitu Abcandra Muhammad Akbar Supratman. Dia merupakan perwakilan dari kelompok Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Akbar terpilih sebagai Wakil Ketua MPR yang mewakili kelompok DPD setelah memenangkan voting. Putra sulung Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Supratman Andi Agtas itu mengalahkan Fadel Muhammad, dengan perolehan suara 93.

"Dengan demikian, yang suara terbanyak dan dinyatakan terpilih sebagai wakil ketua MPR RI adalah Abcandra Akbar," kata Wakil Ketua DPD Tamsil Linrung, Kamis (3/10) dini hari.

Sebagai informasi, penetapan pimpinan MPR tertuang dalam pasal 15 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2019 tentang MD3.

Disebutkan bahwa pimpinan MPR terdiri dari representasi fraksi dan kelompok. Dari pimpinan yang diajukan, akan ditetapkan satu orang ketua yang dilakukan secara musyawarah mufakat.