Ridwan Kamil Ingin Bangun River Way untuk Atasi Macet, DPD Gerindra: Kasih Semangat Aja Dulu

ERA.id - Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Rani Mauliani meminta masyarakat tidak pesimis terhadap gagasan calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil yang ingin membangun transportasi air atau river way. Koalisinya memastikan akan mendukung apapun gagasan pasangan calonnya.

"Sekarang kan beliau baru mau transportasi air, baru ide. Maksud saya yang namanya ide, kasih semangat aja dulu. Sekarang kalau misalnya setiap ide terus kita mikirnya sudah selalu negatif, kita nggak maju-maju, lho," kata Rani kepada wartawan dikutip dari Voi.id, Kamis (10/10/2024).

Rani menilai bisa saja gagasan river way menjadi solusi alternatif bagi masyarakat untuk mobilisasi. Ia juga berharap opsi ini dapat mengurai kepadatan lalu lintas akibat kendaraan pribadi.

Ia mengatakan saat ini di Jakarta sudah ada moda transportasi air. Tapi, angkutan tersebut masih hanya digunakan untuk menyeberangi sungai, bukan melintasi sepanjang aliran.

"Kalau memang itu bisa memberikan solusi untuk memberikan alternatif transportasi publik untuk menghindari kemacetan kenapa tidak? Tapi kan pasti perlu kajian yang panjang idealnya," jelas Rani.

Sebelumnya, calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) memastikan pengadaan moda transportasi air besar kemungkinan dihadirkan di Jakarta.

“Kita mungkin akan coba berinovasi membuat riverway atau perahu melintasi 13 sungai di Jakarta,” ujar Ridwan Kamil dalam debat perdana Pilgub Jakarta, Minggu, 6 Oktober.

Juru Bicara Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), Bernardus Djonoputro, menyebut beberapa sungai di Jakarta sangat mungkin untuk menjadi sarana river way.

"Contohnya, Banjir Kanal Timur (BKT), saluran buatan dengan lebar antara 100-300 meter, tergantung lokasinya. Sedangkan bantaran kalinya masing-masing 18 meter di sisi kiri dan kanan. Karakteristiknya juga lurus, panjang dan dalam. Ini potensial dibuat transportasi dan wisata air," ujar Bernardus dalam keterangannya.