Dharma Pongrekun: Terima Kasih Mas Pram, Sudah Menempatkan Saya di BSSN

ERA.id - Calon Gubernur nomor urut tiga, Pramono Anung menanyakan soal privasi data pribadi agar tidak bocor kepada calon Gubernur DKI nomor urut 2, Dharma Pongrekun. Mengingat Dharma pernag menjabat sebagai wakil kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). 

Dharma malah mengucapkan rasa terima kasih kepada Pramono Anung, karena dapat menduduki jabatan itu saat dirinya berada menjadi anggota Polri. 

"Terima kasih Mas Pram saya ada di BSSN karena beliau, beliaulah yang menempatkan saya di bssn oleh sebab itu saya emban tugas dari beliau," kata Dharma dalam acara debat cagub-cawagub DKI Jakarta di Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10/2024).

Kemudian, ia menjelaskan bahwa internet Indonesia harus mandiri. Hal ini sebagai langkah untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kebocoran data. 

"Saya mohon Indonesia menjadi mandiri internet, selama internetnya tidak mandiri maka selama itu pula bocor semua seribukali kita mengganti password apapun yang kita lakukan bocor," katanya. 

Peserta debat tersebut adalah pasangan Cagub-Cawagub nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dan paslon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).

Tema yang diangkat dalam debat perdana yakni “Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global”.

KPU DKI Jakarta telah menjadwalkan debat tahap dua Cagub-Cawagub di Pilkada Jakarta pada 27 Oktober yang dilanjutkan debat ketiga pada 17 November.