Jelang Ultah, Pemprov Sulsel Akan Gelar Operasi Celah Bibir dan Lelangit Gratis

ERA.id - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan akan menggelar bakti sosial operasi celah bibir dan celah lelangit gratis dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-355 Provinsi Sulsel.

Panitia bakti sosial operasi celah bibir dan celah lelangit gratis drg Yuliana Yusrah di Makassar, Selasa (15/10/2024) mengatakan, operasi dijadwalkan pada 19 Oktober di Rumah Sakit Khusus Daerah Gigi dan Mulut (RSKDGM) Provinsi Sulsel.

Sejauh ini sudah tercatat 11 calon pasien yang mendaftar, sementara pendaftaran sendiri akan ditutup pada 17 Oktober 2024.

Para calon pasien terlebih dulu harus menjalani tes kesehatan yang dijadwalkan pada Kamis (18/10).

Dipaparkan, operasi ini terbuka untuk semua usia, dengan catatan harus memenuhi syarat. Syarat utama bagi peserta adalah membawa fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Syarat untuk bayi dengan kondisi celah bibir, usia minimal tiga bulan dengan berat badan minimal 5 kg. Sementara untuk bayi dengan kondisi celah lelangit, usia minimal 1,5 tahun dengan berat badan minimal 10 kg.

Selain itu, kondisi kesehatan anak juga harus baik, tanpa adanya penyakit seperti batuk, pilek, atau demam, serta wajib mendapatkan surat keterangan sehat dari dokter sebelum operasi dilakukan.

“Sesuai arahan Bapak Penjabat Gubernur Sulsel, program ini dirancang khusus untuk membantu anak-anak yang lahir dengan kondisi celah bibir dan celah lelangit agar bisa mendapatkan perawatan medis secara tepat dan tanpa biaya,” kata drg Yuliana.

Program operasi gratis ini mencerminkan kepedulian Pemprov Sulsel terhadap kesehatan masyarakat, terutama anak-anak dengan kebutuhan medis khusus seperti celah bibir dan celah lelangit.

Diharapkan melalui program ini para peserta bisa mendapatkan pengobatan yang optimal sehingga kualitas hidup mereka dapat meningkat secara signifikan.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-355 Sulsel sekaligus menjadi wujud komitmen Pemprov Sulsel dalam memperluas akses layanan kesehatan yang merata bagi seluruh masyarakat, tanpa terkecuali. Melalui program ini pemprov berharap dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi kesehatan masyarakat,” jelasnya.

Untuk informasi pendaftaran dan detail lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi drg Yuliana Yusrah di nomor 0852-5536-3708 atau M. Awal Ramadhani di nomor 0859-5434-1114.