Jelang Ultah, Pemprov Sulsel Gelar Gerakan Pangan Murah, Terakhir Hari Ini

ERA.id - Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Provinsi Sulsel menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) serentak di 24 kabupaten/kota se-Sulsel selama dua hari yakni 15-16 Oktober 2024.

Selain memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Sulsel ke-355, GPM serentak juga dilaksanakan dalam rangka Hari Pangan Sedunia.

"Gerakan pangan ini di samping untuk menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan, juga sebagai bentuk dukungan dari Dinas Ketapang dalam rangka memeriahkan HUT Sulsel yang ke-355 tahun," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sulsel, Andi Muhammad Arsjad saat membuka langsung GPM di Makassar, Sulsel, Selasa (16/10/2024).

Ia pun berharap informasi GPM serentak ini bisa disebarluaskan kepada masyarakat, mengingat harga-harga komoditas yang dijual di GPM lebih murah dibandingkan dengan harga di pasaran.

Arsjad mengatakan bersyukur karena GPM ini didukung oleh banyak pihak, di antaranya PKK Sulsel, DWP Sulsel, Bulog, PT Japfa, dan Dinas TPH-Bun, Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Disperindag Sulsel, dan mitra lainnya.

"Tentu di kabupaten/kota juga ada beberapa mitra-mitra lokal yang ada di sana. Kami sangat bersyukur bahwa kegiatan GPM serentak ini dimeriahkan dengan adanya keikutsertaan banyak mitra penyedia, baik yang ada di Kota Makassar maupun daerah-daerah lain. Banyak sekali komoditi yang ditawarkan," urainya.

Untuk pelaksanaan GPM serentak ini, lanjut Arsjad, jika dirata-ratakan kabupaten/kota satu titik, berarti ada 24 titik. Khusus Pemprov Sulsel, GPM dipusatkan di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Provinsi Sulsel.

Adapun tujuan dari kegiatan GPM serentak ini, kata Arsjad, sebagai instrumen tetap bagi Dinas Ketapang dalam pengendalian inflasi.

"Tujuan utamanya bagaimana mendekatkan komoditi kepada masyarakat dengan harga yang terjangkau, di samping menjaga distribusi, ketersediaan, juga keterjangkauan," katanya.

Arsjad menambahkan, pada 16 Oktober 2024 adalah Hari Pangan sedunia yang ke-44 tahun. Nantinya secara nasional di 38 provinsi didorong untuk melakukan GPM melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas).

"Kita berharap agar di momentum HUT Sulsel ke-355 tahun bisa diisi berbagai kegiatan produktif yang lebih pro ke masyarakat dan kami dari ketahanan pangan, tentu melakukan dan mewujudkan hal itu melalui kegiatan GPM. Semoga kegiatan GPM ini bisa dimeriahkan dan dimanfaatkan oleh masyarakat," harapnya.