Megawati Tak Hadiri Pelantikan Presiden Besok, Ketua MPR: Kondisinya Kurang Fit dan Flu

ERA.id - Ketua MPR Ahmad Muzani mengatakan, Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dipastikan tidak menghadiri acara pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 pada Minggu (20/10) besok. Alasannya karena Megawati sedang kurang sehat.

"Karena perjalanan yang panjang menyebabkan ibu kondisinya kurang fit dan flu, maka ibu memutuskan untuk berisirahat," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (19/10/2024).

Dia menjelaskan, MPR sudah mengirimkan undangan dan sudah diterima oleh Megawati. Kabar ketidakhadiran Megawati besok disampaikan melalui Ketua Fraksi PDI Perjuangan MPR, Ahmad Basarah.

Walaupun tak bisa hadir, menurut Muzani, Megawati telah memerintahkan kader-kadernya yang ada di DPR/MPR untuk seluruhnya menghadiri acara pelantikan presiden dan wakil presiden.

"Sebagai gantinya, (Megawati) telah menginstruksikan kepada seluruh anggota Fraksi PDI Perjuangan agar seluruhnya hadir, 110, dan menyukseskan acara besok," katanya.

"Dan memerintahkan agar mereka tidak diperkenankan keluar negeri, termasuk ke luar kota karena wajib datang besok," imbuh Muzani.

Dia mengatakan, MPR mengapresiasi langkah Megawati yang telah memberikan instruksi tersebut.

"Karena itu, atas instruksi itu, kami merasa terhormat dan berterima kasih atas keputusan Ibu Mega dan mudah-mudahan acara besok tidak mengurangi khidmat dan kekhusyukan acara besok," kata Muzani.