Gedung Parlemen Berhias Janur Kuning di Hari Pelantikan Prabowo-Gibran

ERA.id - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) akan menggelar Sidang Paripurna pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 pada Minggu (20/10/2024) hari ini. Dalam hitungan jam, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan berstatus sebagai presiden dan wakil presiden yang baru.

Menariknya, Gedung Nusantara atau yang dikenal dengan Gedung Kura-Kura banyak bersolek. Gedung yang biasanya polos, hari ini dipenuhi hiasan termasuk rangkaian janur kuning.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, janur kuning merupakan simbol adanya hajatan besar.

"Ya kalau janur kuning itu kan kalau di adat kita melambangkan hajatan. Ya hari ini ada perdhelatan besar pelantikan presiden dan wakil presiden baru," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Dari pantauan di lokasi, terdapat enam buah janur kuning yang melengkung di sisi kanan dan kiri tangga Gedung Kura-Kura. Berbagai tanaman hijau juga terlihat menghiasi.

Sebelumnya, Ketua MPR Ahmad Muzani mengungkapkan, putra tunggal presiden terpilih Prabowo Subianto, Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusumo alias Didit secara khusus merancang dekorasi lobi Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

"Ya, Mas Didit mendesain acara ini," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (19/10).

Dari pantauan di lokasi, lobi Gedung Nusantara dipenuhi dekorasi dari tanaman-tanaman hijau. Selain itu, terapat satu set gamelan di dekat eskalator.

"Tema hijau supaya menjadi sebuah tema yang ingin diusung dari tema ini," kata Muzani.