Alasan Mayor Teddy Jadi Seskab Tanpa Pensiun dari TNI, Dasco: Jabatannya Bukan Setingkat Menteri

ERA.id - Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad buka suara prihal posisi Mayor Infentari Teddy Indra Wijaya yang ditunjuk sebagai Sekretaris Kabinet (Seskab) oleh Presiden Prabowo Subianto. Penunjukan Teddy menjadi sorotan sebab statusnya masih sebagai perwira TNI aktif.

Menurut Dasco, Teddy tak perlu mengundurkan diri TNI, sebab jabatan seskab yang diembannya saat ini bukan setingkat menteri. Hal ini berkaitan dengan perubahan nomenklatur Kabinet Merah Putih di bawah kepemimpinan Prabowo.

"Dengan perubahan nomenklatur ini dapat diisi oleh saudara Teddy tanpa harus pensiun dari TNI, karena bukan setingkat menteri," kata Dasco kepada wartawan, Senin (21/10/2024).

Dia menjelaskan, Prabowo mengubah sejumlah nomenklatur di kabinetnya. Salah satunya soal posisi Sesab.

Menurutnya, saat ini seskab bukan lagi jabatan setingkat menteri. Melainkan berada di bawah Kementerian Sekretaris Negara (Kemensesneg).

"Struktur dan bagan organisasi sudah ada perubahan. Sehingga tidak ada menteri seskab, tetapi digabung di bawah mensesneg," kata Dasco.

Dengan begitu, jabatan-jabatan di bawah Kemensesneg dapat diisi oleh perwira TNI maupun Polri, seperti Mayor Teddy.

"Nah, strukturnya seskab itu ada di bawah sesneg. Sama seperti jabatan-jabatan yang boleh diisi oleh perwira TNI atau Polri, seperti Sekmil, Sekspri dan lain-lain," kata Dasco.

"Yang batasannya adalah paling tinggi setara eselon II atau kalau di TNI-Polri paling tinggi setara Brigjen," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Prabowo Subianto menunjuk ajudan pribadinya, Teddy Indra Wijaya sebagai Sekretaris Kabinet di Kabinet Merah Putih.

Hal itu disampaikan saat mengumumkan susunan Kabinet Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10) malam.

"Teddy Indra Wijaya, Sekretaris Kabinet," ucap Prabowo.

Namun, pada saat pelantikan pada Senin (21/10) di Istana Negara, Mayor Teddy tak menjadi bagian yang ikut dilantik.