Soal Pergantian Menlu Indonesia, China Berharap Sugiono Bisa Lanjutkan Tradisi Persahabatan

ERA.id - Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, berharap Sugiono sebagai Menteri Luar Negeri RI yang baru dapat melanjutkan tradisi persahabatan China dan Indonesia.

"China mengucapkan selamat kepada Sugiono atas jabatannya sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia. Menteri Luar Negeri Wang Yi telah mengirimkan ucapan selamat kepadanya," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Lin Jian, dikutip Antara, Selasa (22/10/2024).

Selain memberikan selamat, Menlu Wang Yi, kata Lin Jian, juga mengemukakan harapan besarnya kepada Sugiono untuk melanjutkan hubungan persahabatan dengan China. Pihaknya pun berharap kerja sama kedua negara bisa terus berlanjut.

"China sangat mementingkan pengembangan hubungan persahabatan dengan Indonesia. Kami berharap dapat terus bekerja sama dengan Indonesia untuk mengikuti arahan strategis presiden kedua negara," jelasnya.

Selain itu, Lin Jian menyampaikan bahwa Sugiono juga diharapkan dapat meningkatkan koordinasi dan kolaborasi antara kedua kementerian luar negeri.

"Kemudian mencapai kemajuan yang lebih besar dalam membangun komunitas China-Indonesia dengan masa depan bersama," tambahnya.

Sebelum resmi dilantik sebagai Menlu, Sugiono juga telah bertugas menyambut tamu negara yang datang ke Tanah Air untuk upacara pelantikan Prabowo-Gibran, Sabtu (19/10). Ia menyambut Utusan Khusus Presiden Uni Emirat Arab Nahyan bin Mubarak Al-Nahyan yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Sugiono resmi dilantik sebagai Menteri Luar Negeri RI oleh Presiden Prabowo Subianto yang pada Senin (21/10) pagi sebagai anggota Kabinet Merah Putih periode 2024–2029. Dalam melaksanakan tugasnya, Sugiono dibantu tiga wakil menteri luar negeri (Wamenlu) yaitu politisi Partai Gelora Anis Matta, Wakil Tetap RI untuk PBB Arrmanatha Nasir, dan Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno.