Tiga Jurus Dharma-Kun Atasi Ketimpangan Sosial di Jakarta, Apa Saja?

ERA.id - Calon Wakil Gubernur Jakarta Nomor Urut 2 Kun Wardana mengungkapkan tiga jurus untuk mengatasi ketimpangan sosial di Jakarta dalam debat kedua Pilkada Jakarta 2024 di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta, pada Minggu (27/10/2024) malam.

"Pertama, bagaimana mereka bisa mendapat pendapatan yang layak. Kita perlu memberikan lapangan pekerjaan bagi semua warga DKI Jakarta. Jobs for all," ucapnya saat sesi tanya jawab.

Kedua, memastikan pendapatan yang layak sesuai dengan upah minimum provinsi (UMP) yang disesuaikan dengan survei kebutuhan hidup layak (KHL).

"Ketiga, kita ingin mendorong para UMKM untuk bisa produktif. Kita memiliki program Academy Indpendent yang akan memberikan dukungan pelatihan secara gratis," ungkapnya.

Selain itu, pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta Dharma Pongrekun-Kun Wardana juga menyiapkan program offline bernama Warung Independent.

"Kita lihat ibu-ibu atau emak-emak bisa sangat produktif. Bagaimana pelatihan offline-nya? Kita punya program Warung Independent," ujarnya.

Tema debat malam ini adalah ekonomi dan kesejahteraan sosial. Selain itu, ada enam subtema yang akan diangkat, yaitu infrastruktur terintegrasi dan pelayanan dasar prima; pendidikan dan kesehatan; penanganan ketimpangan sosial; pembangunan ekonomi digital dan UMKM; pariwisata dan ekonomi kreatif; serta inflasi bahan pokok. 

Adapun Pilkada Jakarta 2024 diikuti oleh tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, yaitu Ridwan Kamil-Suswono nomor urut 1; Dharma Pongrekun-Kun Wardhana nomor urut 2; dan Pramono Anung-Rano Karno nomor urut 3.