Jelang Debat Kedua, Kubu Jokowi Diskusi dengan Tim Ahli

Jakarta, era.id - Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin mulai melakukan persiapan debat Pilpres 2019 kedua yang akan digelar 17 Februari mendatang. 

Menurut Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Usman Kansong, rencananya hari ini, timnya akan menggelar focus group discussion (FGD) dengan para ahli.

"Ada beberapa ahli internal aja, misalnya bidang lingkungan hidup, kami punya Emmy Hafild, Pak Agus Sari, dan Pak Dinal Salim," kata Usman kepada wartawan di Hotel Grand Sahid, Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (24/1/2019).

Emmy yang dimaksud oleh Usman adalah Mantan Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) dan Direktur Eksekutif Greenpeace Asia Tenggara. Sementara Dinal Salim adalah Roosdinal Emil Salim, anak kandung dari mantan Menteri LHK Emil Salim serta Aktivis lingkungan yang juga kader PSI, Agus Sari.

Menurut Usman, tim khusus debat Jokowi-Ma'ruf untuk adu gagasan kedua masih sama dengan tim debat perdana. Yang berbeda, tim ini kemudian dibantu oleh para pakar yang ahli di bidang energi, pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, sesuai tema debat kandidat kedua, seperti Emmy dan Dinal Salim.

Adapun tim debat khusus Jokowi-Ma'ruf yang juga bertugas saat debat perdana adalah tiga eks presenter televisi swasta seperti Tina Talisa, Meutya Hafid, dan Putra Nababan.

Sementara para politikus yang terlibat adalah politikus PKB Abdul Kadir Karding dan Lukman Edy, politikus PDIP Aria Bima, dan politikus Golkar Rizal Mallarengeng. Tak hanya itu, ada juga tokoh kreatif yang terlibat seperti Fiki Satari dan Ipang Wahid, serta Pemimpin Redaksi Media Indonesia nonaktif Usman Kansong dan Direktur Pemberitaan MNC TV nonaktif Arya Sinulingga.

Supaya kalian tahu, debat kedua kandidat capres dan cawapres di Pilpres 2019 akan digelar Minggu, 17 Februari 2019 di Hotel Sultan Jakarta. Debat ini disiarkan oleh stasiun televisi RCTI, GTV, MNC TV, dan iNewsTV.

Adapun format debat menampilkan adu gagasan antarcalon presiden dengan tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Tag: pilpres 2019