Menghilang dari Traveloka dan Tiket.com, AirAsia Curiga
"Kita melihat adanya indikasi, adanya perintah yang memberikan tekanan kepada OTA," kata Direktur Niaga AirAsia Rifai Taberi kepada Antara di Jakarta, Minggu (17/2/2019).
Rifai mengetahui kejadian tersebut sejak Minggu lalu karena banyaknya pelanggan yang menanyakan hilangnya AirAsia dari dua OTA terbesar, yakni Trveloka dan Tiket.com. Ini terjadi secara tiba-tiba dan satu per satu tidak menjual tiket AirAsia.
"Yang aneh kok secara tiba-tiba dan satu per satu tidak menjual, karena selama ini biasa saja, kita sudah klarifikasi karena kita mitra dengan para OTA, mereka secara formal menjawab ada masalah teknis," katanya.
Sementara itu, Rifai menuturkan, dari sistem AirAsia tidak ada masalah teknis dan di kanal OTA lain juga masih dijual, seperti Nusatrip.
Rifai menilai sangat memungkinkan mitra maskapai menekan OTA, terutama dengan pangsa pasar paling besar.
"Kalau itu tergantung dari pangsa pasar, pangsa pasar kita dari OTA cuma dua sampai tiga persen. Secara hubungan kerja sama memang sebagai agency, OTA berhak untuk menjual tiket maskapai," katanya.
Ia menambahkan pihaknya juga tidak ada eksklusivitas dari OTA tertentu dalam menjual tiket.
"Kalau kompetitor seperti apa kita selalu `deal dengan agen perjalanan, baik konvensional dan online selalu sama, kami sebagai menjual tiket AirAsia dan kamu juga berhak untuk menjual apapun juga dalam ruang lingkup usahanya," katanya.