TKN Jokowi-Ma'ruf Amin Siapkan 22 Juta Saksi Kawal TPS

Jakarta, era.id - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin menyebut sedang menyiapkan dua juta saksi yang akan bertugas di setiap tempat pemungutan suara (TPS) saat hari pencoblosan 17 April 2019 berlangsung. 

Wakil Direktur Saksi TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Lukman Edy menjelaskan total keseluruhan saksi berjumlah 22 juta orang. Rinciannya, pihak TKN Jokowi-Ma'ruf memiliki saksi khusus berjumlah 2 juta, ditambah 20 juta saksi yang diberikan oleh setiap koalisi partai politik (parpol) yang berjumlah 10 parpol.

"Setiap partai dua juta saksi, berarti ada sekitar 20 juta saksi-saksi kami nanti (dari parpol pendukung)," kata Edy di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (27/2/2019).

Ketua DPP PKB itu mengatakan, Direktorat Saksi TKN Jokowi-Ma'ruf Amin juga akan segera memulai pembekalan di 34 provinsi secara bergantian dan akan dimulai pada 28 Februari hingga 15 Maret 2019.

Pembekalan ini, lanjut Lukman, bukan hanya sebatas bagaimana tugas para saksi mengawal suara. Tapi, para saksi juga akan diminta mulai aktif mengawal masa kampanye terbuka yang berlangsung selama 21 hari.

"Saksi-saksi kami sudah mulai bertugas di bawah untuk mengawasi pelaksanaan kampanye, tahapan kampanye, sampai pada penghitungan dan rekapitulasi," ujarnya. 

Meski mengaku telah menyiapkan dua juta saksi, tapi ia belum mau merinci totaI anggaran yang akan disiapkan. Dia memastikan, pembagian anggaran itu akan dibagi dengan partai politik karena saksi akan dibiayai oleh partai masing-masing. 

Tag: jokowi-maruf amin