Leletnya Pembentukan AKD DPR

Jakarta, era.id - Sepekan setelah Presiden RI Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI masih belum merampungkan pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD). Dari sembilan fraksi partai politik, diketahui tiga fraksi belum menyerahkan nama-nama pimpinan AKD.

"Tinggal tiga fraksi yang belum," ujar Wakil Ketua DPR RI, Aziz Syamsudin di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/10/2019).

Ketiga fraksi yang belum menyerahkan nama-nama pimpinan AKD adalah PDI Perjuangan, PAN, dan Partai Demokrat. Aziz berharap tiga fraksi itu bisa segera menunjuk kadernya. Pimpinan DPR RI juga memberikan tenggat waktu hingga pukul 23:30 WIB kepada tiga fraksi itu untuk menyetor nama-nama kadernya.

Baca Juga: Menebak Langkah ISIS di Indonesia Usai al Baghdadi Tewas

Ditemui terpisah, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyebut tiga fraksi yang belum menyerahkan nama-nama pimpinan AKD akan segera menyetor nama-nama tersebut sebelum rapat Paripurna hari Selasa (29/10/2019).

"Janjinya sih paling lambat besok pagi. Karena paripurnanya kan jam 14:00 WB," kata Dasco.

PDIP dan PAN Enggan Bocorkan Pimpinan AKD

Saat dimintai kejelasaan mengenai kapan nama-nama pimpinan AKD akan diserahkan, Ketua Fraksi PDIP DPR RI Utut Adianto mengatakan sebenarnya sudah meyiapkan nama-nama sebagai pimpinan AKD. Namun memang belum diserahkan kepada pimpinan DPR.

"Kalau fraksi kami sebenernya sudah siap, tinggal ditaruh saja (nama-nama pimpinan AKD)," ungkap Utut.

Dari hasil kesepakatan, PDIP sebagai parpol pemenang, partai berlambang banteng moncong putih ini mendapatkan jatah Ketua Komisi III, Ketua Komisi IV, Ketua Komisi V, Ketua Banggar (Badan Anggaran), dan 11 wakil ketua. Meski demikian, Utut mash menutup rapat informasi soal nama-nama yang akan mengisi posisi tersebut.

"Itu nanti biar ibu ketua DPR, kamu ke ibu ketua DPR tuh, kewenangannya ada di dia," papar Utut.

Sementara Sekretaris Fraksu PAN DPR Yandri Susanto mengatakan akan menggelar rapat untuk menentukan siapa kadernya yang akan menempati posisi tersebut.

"Jadi ini sedang dikonsultasikan sama Ketua Umum DPP PAN, insyaallah malam ini selesai. Nah orang-orangnya ya saya kira nanti nama-nama yang cukup tenar di Fraksi PAN itu yang akan mengisilah," kata Yandri.

PAN mendapatkan jatah Ketua Komisi VIII, Wakil Ketua Komisi III dan VII, serta Wakil Ketua BURT (Badan Urusan Rumah Tangga), MKD (Mahkamah Kehormatan Dewan), dan BKSAP (Badan Kerja Sama Antar-Parlemen). Yandri, kata Dasco akan menyerahkan nama-nama pimpinan AKD asebelum rapar paripuna.

Yandri juga menampik jika dikatakan pembahasan pimpinan AKD dari Fraksi PAN alot karena belum menyerahkannya hingga saat ini. Dia masatikan akan ada nama-nama tenar dari partainya yang akan mengisi kursi pimpinan yang sudah dibagi sebelumnya.

"Numpuk biasanya di situ. Biasanya enggak ada minatnya Komisi II, Komisi VIII, bisa geser ke Komisi VI. Ini yang mungkin mau kita atur komposisi yang terbaik. Nah orang-orangnya ya saya kira nanti nama-nama yang cukup tenar di fraksi pan itu yang akan mengisi lah," ucapnya.

Tag: ketua dpr