KPU Jabar Tambah CCTV Cegah Maling

Your browser doesn’t support HTML5 audio
Bandung, era.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menambah kamera pemantau (CCTV) di hampir seluruh ruangan. Tujuannya, mencegah penyelewengan petugas dan menjaga keamanan selama berlangsungnya Pemilu Gubernur (Pilgub) 2018.

Sebelumnya di tahun 2014, CCTV sebanyak empat unit terpasang di beberapa titik yang dianggap rawan. Penyebabnya, karena kantor ini pernah kedatangan maling tahun 2013. Dan yang diambil, hard disk berisi data-data penting.

"Waktu itu kita kehilangan data yang tersimpan di komputer. Jadi komputernya utuh tapi hard disk-nya yang hilang. Ini kan hard disk itu lebih berharga dari komputernya," kata Sekretaris KPU Jawa Barat, Heri Suherman, di Kantor KPU Jawa Barat, Bandung, Rabu (24/1/2018). Untuk tahun ini, sudah ditambah sembilan CCTV tambahan. 

Heri Suherman menjelaskan hard disk yang dicuri itu berisi data hasil Pemilu Legislatif 2004. Sedangkan kejadian kehilangan barang lainnya di Kantor KPU Jawa Barat disebutkan Heri, pernah terjadi tetapi tidak terlalu sering.

Namun dia menegaskan, pemasangan CCTV ini bukan cuma dipicu pencurian hard disk itu saja. Yang lebih penting, untuk mengetahui situasi di kantor otoritas penyelenggara pemilu tersebut.

"Sarannya dari kepolisian untuk mengantisipasi kerawanan keamanan guna mempermudah proses penyidikan," ujar Heri.

KPU Jawa Barat menyatakan tambahan CCTV mendatang akan dipasang di 10 ruangan, termasuk ruang media center. Tetapi untuk ruang kerja Komisioner KPU Jawa Barat hanya cukup dipasang di koridor luar ruangan. Harga satu CCTV itu senilai Rp 5 juta per unit. (Arie Nugraha)

Tag: pilkada 2018 pilpres 2019