Rapim TNI-Polri Bahas Kesiapan Pengamanan Pilkada dan PON 2020

Jakarta, era.id - Rapat pimpinan TNI-Polri dibuka hari ini yang dihadiri oleh seluruh pejabat utama TNI-Polri. Rapim ini membahas sejumlah agenda di tahun 2020 mulai dari pengamanan Pilkada serentak sampai gelaran PON 2020 di Papua.

Pembukaan Rapim TNI-Polri digelar di Markas TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (28/1/2020). Presiden Joko Widodo membuka langsung Rapim TNI-Polri yang didampingi sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju serta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis memimpin langsung Rapim tersebut.

Panglima TNI dalam sambutannya menjelaskan Rapim TNI-Polri merupakan kelanjutan dari Rapim di Kementerian Pertahanan (Kemhan) beberapa waktu lalu. Rapim ini melanjutkan pembahasan strategi pengamanan Pilkada serentak 2020 agar berjalan sukses.

“Hari ini baru saja dibuka rapat pimpinan TNI-Polri yang dilaksanakan di Mabes TNI Cilangkap adalah kelanjutan rapat pimpinan Kemhan yang telah dibuka beberapa hari yang lalu yang diikuti dari Kementerian Pertahanan, TNI, Polri dan kita semua mendengarkan pengarahan bapak Presiden. Khusus rapim TNI-Polri yang kita laksanakan pada hari ini mengangkat tema ‘Profesionalitas, Soliditas, Sinergitas TNI-Polri’ dalam rangka mensukseskan pelaksanaan pilkada serentak 2020 dan ini saya liat sangat penting karena kita mengingat tadi, kepada jajaran unsur-unsur TNI disuluruh wilayah untuk tetap memegang netralitas TNI tidak berpolitik praktis,” kata Panglima TNI.

Panglima TNI memastikan kesiapan jajaran TNI untuk membackup Polri dalam pengamanan Pilkada serentak 2020 dan PON 2020.

“Selanjutnya, TNI juga siap termasuk Polri, TNI-Polri siap dalam rangka mengamankan Pon 2020. Kita harapkan pelaksaan Pon nantinya semuanya bisa berjalan dengan damai tanpa adanya gangguan, keamanan di wilayah tersebut, khususnya di wilayah Papua,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Kapolri Jenderal Idham Azis menyampaikan kesiapan Polri dalam pengamanan Pilkada serentak 2020 dan PON 2020. Jenderal Idham juga menegaskan sinergitas TNI-Polri siap untuk mengawal seluruh program-program pemerintah.

“Apa yang tadi telah disampaikan bapak Panglima, prinsipnya Polri didukung penuh oleh teman-teman TNI untuk melaksanakan pengamanan Pilkada serentak nantinya PON 2020 di Papua, serta seluruh program pembangunan yang dicanangkan pemerintah,” ucap Kapolri Idham

“Polri sendiri telah menyiapkan beberapa satgas untuk mendukung semua program ini, misalnya satgas nusantara, satgas investasi, satgas pangan, satgas khusus pengamanan Papua, dan itu semua kita bersama-sama. Saya kira demikian, mohon doa restu teman-teman, semoga semua perjalanan proses pengamanan yang dilakukan oleh TNI-Polri ke depan akan berjalan dengan baik,” sambung dia.

Rapim TNI-Polri sendiri masih akan digelar dalam 2 hari ke depan. Polri akan menggelar di gedung PTIK/STIK. Sementara TNI akan melangsung Rapim di Mabes TNI Cilangkap.

 

Tag: tni