Curhatan Dian Sastrowardoyo Debut Sebagai Sutradara Film Pendek

ERA.id - Aktris papan atas Dian Sastrowardoyo kembali mencoba peruntungannya dengan memulai karier baru sebagai sutradara. Dian akan debut sebagai sutradara lewat film pendek berjudul Naugat. 

Setelah sukses sebagai produser film Guru-Guru Gokil, kini Dian Sastrowardoyo kembali beraksi lewat debut pertamanya melalui film pendek, Nougat. Dalam konferensi pers yang dilakukan pada Rabu (11/11/2020), Dian mengaku senang bisa memulai karier barunya sebagai sutradara. 

 “Ini pertama kalinya belajar nulis. Digembleng banget diceburuin ya. BASE Entertainment menjerumuskan aku ke posisi ini. Seneng banget bisa terlibat,” kata Dian Sastrowardoyo saat menghadiri konferensi pers virtal, Rabu (11/11/2020). 

Debut sebagai sutradara, pemeran Cinta di film Ada Apa Dengan Cinta ini mengaku tertantang dan dapat pengalaman baru yang sangat berkesan. Di mana ia harus mengerjakannya serba sendirian. 

“Aku buat semuanya dari awal sendiri, dari bikin skrip, bikin naskah, brian storming, sampai ngedit pun aku sendiri. Seru,” ungkap Dian. 

Selain mendapat pengalaman dan tugas baru, Dian juga menceritakan kesulitannya saat harus menjalankan syuting di tengah pandemi.  Apalagi proses syutingnya dilakukan pada masa-masa awal pandemi mulai merebak di Indonesia. 

Demi menyiasati dan menjalankan protokol kesehatan selama syuting, Dian dan timnya tidak menyediakan minuman botol untuk semua pemain dan kru. Ia menyarankan seluruh kru dan pemainnya untuk membawa minuman sendiri saat syuting berlangsung. 

“Kita lumayan sadis banget sih. Di sini aku enggak ada minuman botol, semua bawa minum sendiri, semua sendok garpu sendiri. Kita cuma sediain nasi box saja,” tutur Dian. 

Untungnya aturan yang ia tetapkan itu bisa diterima oleh semua pemain dan kru yang terlibat, sehingga proses syuting bisa berjalan sesuai rencana dengan protokol kesehatan yang berlaku. 

Lebih lanjut saat ditanyai ketertarikan Dian dalam bidang produser atau sutradara, dirinya mengaku tak mau membatasi sesuatu yang ada pada dirinya. Bagi pemeran Kartini ini, berperan sebagai produses dan aktor itu dua hal yang berbeda. 

“Aku terus terang enggak berniat atau membatasi kalo mau direct ya direct aja, produce ya produce. Tinggal kita bagi-bagi tugas aja. Kadang ya main ya main doang bisa juga. Kayanya kalo bikin film bisa jadi apa aja sih,” ungkap Dian. 

“Jangan sampe kita cuma mau ngerjain hal-hal tertentu aja. Proses belajar tuh lebih seru kalau kita open minded juga,” tutupnya.

Dian Sastrowardoyo akan memuali debutnya sebagai sutradara lewat film pendek berjudul Nougat. Ia menggandeng Adinia Wirasti sebagai pemeran utama bernama Ajeng. 

Nougat sendiri berkisah tentang hubungan antar kakak-beradik yang terpisah jarak dan hanya bisa bertemu lewat teknologi berupa video call. 

Film pendek ini diagendakan tayang akhir tahun 2020 yang akan tayang di Bioskop Online.