Menko Luhut Bertemu Donald Trump di Gedung Putih, Apa yang Dibahas?

ERA.id - Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan Presiden AS Donald Trump di Gedung Putih, Washington. Apa yang dibahas Luhut dan Trump?

Dalam pertemuan itu Luhut menyampaikan salam dan terima kasih dari Presiden Joko Widodo atas dukungan Trump terhadap kerja sama RI dan Amerika Serikat selama ini. Terima kasih juga ia ungkapkan secara khusus atas pemberian fasilitas GSP oleh Kantor Perwakilan Dagang AS (USTR) kepada Indonesia.

Trump kata Luhut juga menyampaikan salam dan terima kasihnya kepada Jokowi atas kerja sama RI dengan AS selama ini.

Presiden DOnald Trump dan Menko Luhut Pandjaitan (Dok. Kemenko Marves)

"Saya atas nama Presiden Joko Widodo menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Presiden Donald Trump. Apapun hasil resmi pemilu AS, pertemanan tetap perlu dijaga," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (18/11/2020).

Luhut mengatakan Indonesia dan AS akan selalu menjadi kawan bagi Amerika.

"Saya juga berharap komunikasi yang baik seperti ini dengan Gedung Putih dapat juga terjalin setelah Januari 2021 nanti," katanya

Selain bertemu dengan Trump, Luhut juga diterima oleh Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence di kantornya.

Dalam pertemuan itu, Pence menawarkan kerja sama produksi vaksin bersama  antara perusahaan Amerika Serikat dan Indonesia.

Luhut juga bertemu dengan National Security Advisor (NSA) Robert O' Brien. Dalam pertemuan itu Luhut melakukan pembahasan kemitraan strategis antara Indonesia dan Amerika Serikat di bidang pertahanan dan teknologi, serta bertukar pandangan mengenai geopolitik global.