WhatsApp Tak Bisa Lagi Dipakai di HP Android dan iPhone Tipe Ini pada 2021, Ini Daftarnya

ERA.id - Para pengguna ponsel pintar atau smartphone dengan sistem operasi (OS) iOS dan Android tertentu pada 2021, tak akan bisa menggunakan dan mengakses aplikasi pesan WhatsApp di ponselnya. Lho kok bisa?

Alasannya, WhatsApp akan menghentikan dukungan layanan di sejumlah smartphone Android dan iOS karena di sejumlah ponsel tersebut, sistem operasinya sudah lawas.

Smartphone Android dan iOS apa saja yang tak lagi bisa mengakses dan menggunakan WhatsApp di tahun 2021? Berikut daftar smartphone yang tak bisa pakai WhatsApp dikutip dari Entrepreneur, Rabu (16/12/2020).

Untuk iOS, semua iPhone yang pakai iOS 8 atau di bawahnya takkan lagi bisa lagi mengakses WhatsApp, dalam hal ini, iPhone 4 dan model sebelumnya tidak bisa lagi memakai layanan WhatsApp.

Sementara iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5C, iPhone 6, dan iPhone 6S harus di-update OS-nya menjadi iOS 9 untuk tetap bisa memakai WhatsApp. iPhone 6S, iPhone 6S Plus, dan iPhone SE masih mendapatkan dukungan iOS 14.

Pada smartphone Android, semua Android 4.0.3 atau di bawahnya. Merek apa saja? HTC Desire, LG Optimus Black, Motorola Droid Razr, Samsung Galaxy S2.

Apakah ponselmu termasuk ponsel yang pada 2021 mendatang takkan bisa memakai aplikasi WhatsApp? Begini cara periksanya! Pertama, kamu bisa mengecek di menu Setting. Lalu, pilih opsi About System atau About Device. Di situ kamu bisa menemukan versi Android di smartphone kamu.

Kalau perangkat kamu menggunakan versi Android lebih baru dari Android 4.0.3, smartphone kamu masih bisa dipakai untuk mengakses WhatsApp.

Sementara, daftar smartphone di atas tidak lagi mendukung penggunaan WhatsApp, itu artinya pengguna perlu berganti perangkat agar bisa tetap memakai layanan WhatsApp.