Mudah Dilakukan, Begini Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus

ERA.id - Saat bermain handphone, seseorang bisa saja tidak sengaja menghapus chat penting di Whatsapp (WA). Tentunya hal ini menjadi masalah yang cukup besar. Apalagi jika chat yang terhapus adalah chat dari atasan, maupun dari kekasih atau istri.

Ilustrasi aplikasi Whatsapp (foto: dok. pixabay)

Ada beberapa hal yang menyebabkan chat WhatsApp dapat terhapus. Bisa jadi Anda karena memencet tanpa sengaja “Clear All Chats” ataupun “Delete for me”. Penyebab lainnya, bisa juga karena ponsel Anda mengalami kerusakan atau tidak sengaja beralih mode pengaturan ulang.

Namun, Anda tak perlu khawatir, ada beberapa cara mengembalikan chat WA yang terhapus. Simak cara di bawah ini.

Gunakan file backup

Cara paling mudah untuk memulihkan kembali chat WhatsApp yang terhapus yaitu dengan memanfaatkan file backup. Beberapa pilihan backup disediakan dalam aplikasi tersebut, yaitu setiap hari, setiap minggu, setiap bulan, dan tidak sama sekali.

Tempat backup juga bervariasi. Namun pada umumnya untuk HP Android, WhatsApp menyetor file ke Google Drive. Sedangkan untuk iPhone, Anda bisa melakukan backup-nya ke iCloud. Lihat pengaturan backup Anda, masuklah ke Settings > Chats > Chat backup.

Jika chat yang terhapus masuk ke dalam masa backup terakhir, berarti Anda dapat dengan mudah mengembalikannya. Namun jika tidak termasuk atau Anda sama sekali tidak menerapkan backup, jangan khawatir, ada alternatif lain yang akan kita bahas.

Mengembalikan chat lewat Google Drive

Cara ini dapat Anda Aplikasikan jika Anda adalah seorang pengguna HP Android. Dengan catatan, Anda juga sudah menerapkan backup sebelumnya. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Uninstall WhatsApp dari perangkat yang Anda gunakan;
  • Download ulang melalui Google Play Store;
  • Log in seperti biasa dan lakukan verifikasi nomor telepon;
  • Setelah itu, Anda akan menerima notifikasi untuk "Restore" atau "Pulihkan" melalui Google Drive. Laksanakan perintah tersebut dan klik Next;
  • WhatsApp akan mengembalikan semua chat yang ada di file backup, termasuk chat yang sudah terhapus.

Mengembalikan chat yang terhapus melalui iCloud

Jika cara sebelumnya berlaku bagi para pengguna HP Android, cara berikut ini dapat dilakukan oleh orang yang menggunakan iPhone maupun perangkat iOS lainnya. Caranya tidak jauh berbeda, berikut langkah pemulihan chat yang terhapus yang bisa Anda lakukan:

  • uninstall WhatsApp terlebih dahulu;
  • Install kembali, buka, dan log in seperti biasa;
  • Ketika muncul perintah untuk "Restore" atau "Pulihkan" chat, klik Next;
  • WhatsApp akan mengambil file backup yang tersimpan di iCloud;
  • Tunggu beberapa saat. Setelahnya, semua chat akan kembali seperti semula sesuai dengan file backup yang ada didalamnya.

Cara lain untuk memulihkan chat yang terhapus bagi yang tidak pernah lakukan backup

Nah, jika Anda tidak pernah melakukan backup atau chat yang terhapus tak tersedia di dalam file tersebut, tetap tenang, ada cara terakhir yang masih bisa Anda harapkan untuk mengembalikan chat WhatsApp.

Dikutip dari Mega Interesting, ternyata secara default aplikasi tersebut selalu membuat salinan chat di dalam penyimpanan lokal HP kita. File itu dibuat setiap hari pada pukul 02.00 dan hanya disimpan dalam waktu seminggu. Dengan demikian, Anda memiliki waktu tujuh hari untuk memulihkannya.  

Namun, metode ini tidak dapat Anda terapkan di iPhone. Dilansir dari Gadgets 360, perhatikan langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya:

  • Masuklah ke File Manager di HP, selanjutnya masuk ke WhatsAppp > Database folder;
  • Pilih folder "msgstore.db.crypt12", ubah namanya menjadi "msgstore_BACKUP.db.crypt12". Folder tersebut berisi backup terakhir yang dilakukan oleh WhatsApp;
  • Di dalam folder tersebut ada banyak file backup dengan nama "msgstore-(tahun)-(bulan)-(tanggal).1.db.crypt12". Pilih yang paling baru dan ubah namanya menjadi "msgstore.db.crypt12";
  • Selanjutnya, bukalah Google Drive dan hapus file backup WhatsApp yang tersimpan di sana. Dengan demikian, aplikasi “dipaksa” untuk mengembalikan backup pada penyimpanan lokal;
  • Uninstall WhatsApp dan install lagi. Saat muncul perintah untuk "Restore" atau "Pulihkan" chat, aplikasi akan mengambil file dari HP Anda;
  • Klik Next atau Restore, dan chat yang terhapus akan dipulihkan lagi.

Karena backup itu penting, maka lakukanlah!

Dari langkah-langkah yang dijelaskan di atas, tentunya Anda bisa memahami jika backup itu hal yang cukup penting, terutama di saat-saat darurat seperti ini.

Sebaiknya Anda melakukan backup setidaknya sekali dalam seminggu. Dengan demikian, masalah di atas dapat Anda tangani dengan mudah dan segera.

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengembalikan chat wa yang terhapus. Semoga penjelasan dalam artikel kali ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…