Sambut Imlek 2021, Inilah 10 buah yang Dianggap Pembawa Keberuntungan Menurut Feng Shui

ERA.id - Sudah siap menyambut Tahun Baru Imlek 2021? Pastikan buah-buahan ini ada di daftarmu. Sebab, menurut prinsip Feng Shui, buah ini melambangkan keberuntungan dan kemakmuran. 

Seperti halnya, buah jeruk sudah identik menjadi menu jamuan perayaan imlek. Hal ini karena jeruk dianggap membawa keburuntungan. Tak hanya jeruk, ada beberapa buah yang dianggap membawa keburuntungan menurut Feng Shui. Dilansir dari Asia One, Selasa (9/2/2021) 10 buah yang dianggap beruntung di Feng Shui.

1. Jeruk

Jeruk (Foto: Pexels/Pixabay)

Buah jeruk adalah lambang keberuntungan yang umum dalam budaya Tionghoa. Maka dari itu, jeruk kerap disuguhkan untuk persembahan. Menurut feng shui, menanam pohon jeruk di rumah dianggap membawa keberuntungan.

2. Persik

Menurut simbolisme Tiongkok, buah persik adalah tanda keabadian. Namun, bagian yang berbeda dari buah persik bisa menjadi hal yang berbeda.

Misalnya, bunga persik dianggap sebagai keberuntungan sedangkan buah persik itu sendiri mengacu pada keabadian dan awet muda. Pohon persik adalah simbol umur panjang, sedangkan kelopak bunga persik melambangkan cinta dan kebahagiaan.

3. Anggur

Anggur (Foto: Unsplash/Maja Petric)

Anggur bisa melambangkan kesuburan atau kelimpahan. Anggur juga mewakili kesuksesan yang akan datang dalam waktu dekat atau selalu berada di keluarga seseorang.

4. Delima

Sama seperti anggur, buah delima juga digunakan sebagai simbol kesuburan dan kelimpahan. Pengantin baru sering disarankan untuk memajang karya seni atau simbol buah delima di rumah untuk menarik keberuntungan dan kesuburan bagi keluarga mereka.

5. Aprikot

Aprikot (Foto: Pexels/Pixabay)

Karena warnanya yang cantik, aprikot sering digunakan untuk melambangkan kekayaan dan emas. Sama seperti buah persik, berbagai bagian aprikot juga melambangkan hal yang berbeda. Buah aprikot sering digunakan untuk mewakili keanggunan dan kecantikan wanita.

6. Apel

Apel sering digunakan untuk melambangkan keberuntungan dan kekayaan karena pada zaman dahulu, apel dianggap sebagai buah yang mewah. Ini disebabkan varietas apel tertentu hanya bisa tumbuh di beberapa bagian Korea dan Jepang, sehingga Cina harus mengimpor varietas tersebut.

7. Nanas

Nanas (Foto: Pexels/Alizee Marchand)

Selain digunakan dalam masakan, nanas seringkali melambangkan keberuntungan dan kekayaan. Menurut Hokkien untuk nanas, "ong lai", terdengar mirip dengan "kemakmuran datang dengan cara kamu".

8. Pisang

Pisang merupakan buah yang melambangkan persatuan karena selalu datang dalam satu tandan. Warna buah yang cerah dan kuning cerah juga melambangkan kebahagiaan.

9. Pomelo

Pomelo (Foto: Unsplash/Zera Li)

Pomelo adalah simbol persatuan keluarga dan dianggap membawa keberuntungan ke dalam rumah keluarga. Jika kamu ingin memajang pomelo di rumahmu selama Imlek, cobalah untuk membeli sepasang karena prinsip feng shui yang populer menyatakan bahwa "semua hal baik datang berpasangan".

10. Semangka

Bentuk bulat semangka dianggap beruntung dalam feng shui. Sementara buah itu sendiri melambangkan kemakmuran, semangka memiliki banyak, banyak biji melambangkan kelimpahan. Sedangkan dagingnya yang berwarna merah manis juga merupakan simbol keberuntungan.