Aksi Barongsai hingga Angpao, Ini 4 Tradisi Perayaan Imlek yang Wajib Kamu Tahu

| 06 Feb 2021 09:00
Aksi Barongsai hingga Angpao, Ini 4 Tradisi Perayaan Imlek yang Wajib Kamu Tahu
Ilustrasi kaligrafi Imlek (Dok. scmp.com)

ERA.id - Tinggal menghitung hari, perayaan Tahun Baru Imlek 2021 jatuh pada 12 Februari mendatang. Meskipun suasana tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya dikarenakan pandemi COVID-19, perayaan Imlek tetaplah memiliki tradisi tersendiri. 

Tiap tradisi yang dilakukan ketika Imlek pastinya memiliki arti dan tujuan masing - masing. Penasaran tradisi apa saja? Mari simak langsung ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Aksi Barongsai

Tradisi yang satu ini pastinya sudah tidak asing bagi sebagian besar orang, bukan? Barongsai adalah tarian tradisional Tiongkok yang menggunakan kostum menyerupai singa. Aksi barongsai merupakan salah satu tradisi yang paling ditunggu ketika perayaan Imlek berlangsung. 

(Dok. imgur.com)

Untuk melakukan aksi barongsai terdapat dua orang yang berada dalam kostum, untuk menggerakkan kaki depan dan belakang barongsai. Kedua pemain barongsai itu nantinya akan membuat gerakan yang menarik untuk ditonton. Aksi barongsai ternyata memiliki arti tersendiri, lho. Masyarakat Tiongkok menyebut bahwa tarian barongsai memiliki arti sebagai bentuk pengusiran roh jahat.

2. Petasan dan kembang api

Penyalaan petasan dan kembang api memang sudah menjadi tradisi yang akan dilakukan pada perayaan hari - hari besar, termasuk perayaan Tahun Baru Imlek. Namun, pada perayaan Imlek, petasan dan kembang api tak hanya digunakan sebagai pelengkap kemeriahan acara saja.

Petasan dan kembang api yang dinyalakan saat perayaan Imlek berlangsun memiliki tujuan yang spesial. Kedua benda tersebut dipercaya dapat menangkal nasib buruk yang dibawa oleh monster kuno bernama Nian.

3. Kaligrafi karakter Fu terbalik

Satu hal yang cukup unik dari tradisi Imlek adalah menempel kaligrafi karakter Fu secara terbalik. Karakter Fu dalam bahasa China memiliki arti sebagai berkat dan keberuntungan. Namun, mengapa harus ditempel secara terbalik?

(Dok. coins.ph)

Ternyata setiap tradisi memiliki arti tersendiri di dalamnya, termasuk penempelan karakter Fu terbalik. Ditempel secara terbalik di dinding, karena dianggap sebagai simbol yang efektif mengungkapkan bahwa keberuntungan dan berkat akan segera datang atau turun di atas orang - orang yang merayakannya.

4. Pemberian angpao

Sesi pemberian angpao mungkin menjadi sesi yang paling dinanti oleh sebagian besar orang, terutama anak - anak dan orang yang belum menikah. Hal ini dikarenakan amplop merah tersebut pastinya penuh dengan uang. Pemberian angpao ketika Imlek sudah ada sejak dahulu kala, yang juga dianggap sebagai tradisi mengusir roh jahat.

Selain itu, pemberian angpao yang dilakukan dengan mengucapkan Gong Xi Fa Cai memiliki pengertian tentang sebuah harapan akan kemakmuran dan banyak menghasilkan uang di tahun yang baru.

Rekomendasi