Breaking News: Pemerintah Pastikan Tak Larang Mudik Lebaran Tahun Ini, Tapi..

ERA.id - Pemerintah kemungkinan tidak akan melarang masyarakat untuk mudik pada Lebaran 2021 meski masih dalam suasana pandemi Covid-19. 

"Hal pertama yang bisa kami ungkapkan terkait mudik 2021. Pada prinsipnya, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tidak melarang (mudik)," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, Selasa (15/3/2021). 

Alasan tak dilarangnya mudik karena akan ada mekanisme protokol kesehatan ketat yang disusun bersama Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19. 

Salah satunya, Kemenhub dan Satgas Covid-19 akan berkoordinasi dalam hal tracing kepada masyarakat yang bepergian. 

"Kementerian Perhubungan sebagai koordinator nasional angkutan lebaran, berharap penuh agar kegiatan mudik berjalan dengan baik. Oleh karenanya saya mengajak kepada bapak Ketua Komisi dan anggota untuk memantau persiapan mudik dan juga memantau proses mudik itu sendiri," katanya. 

Selain itu, meningkatnya jumlah orang yang telah divaksinasi membuat kebijakan pelarangan mudik bisa direlaksasi. Selain itu, kebijakan PPnBM 0 persen juga bisa membuat hasrat orang untuk berpergian bertambah.

"Program vaksinasi diprediksi akan membuat masyarakat ingin bepergian. Juga adanya PPnBM 0 persen di mana kepemilikan mobil bisa bertambah," ujarnya. 

Selain itu, adanya alat pendeteksi COVID-19 melalui tes swab antigen atau penggunaan alat tes GeNose yang lebih murah sebagai syarat perjalanan di terminal, stasiun, pelabuhan dan bandara menjadikan mudik tahun ini kemungkinan bisa diperbolehkan. 

Sebelumnya, pada tahun lalu, pemerintah melarang masyarakat mudik untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. 

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa (21/4/2020) dalam rapat terbatas lewat video conference. 

"Pada rapat hari ini, saya ingin menyampaikan juga bahwa mudik semuanya akan kita larang," kata Presiden Jokowi saat itu.