Kemenkes Sebut Vaksin AstraZeneca Sudah Mulai Didistribusikan

ERA.id - Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi menyatakan vaksin COVID-19 buatan AstraZeneca sudah mulai didistribusikan ke sejumlah titik Jawa Timur. Menyusul penyuntikan perdana vaksin produksi perusahaan farmasi asal Eropa tersebut di Jawa Timur hari ini.

Oscar mengatakan, vaksin AstraZeneca akan diberikan kepada kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) dan masyarakat yang berprofesi di bidang pelayanan publik.

"Kan sudah disuntikkan hari ini ya alhamdulillah, pendistribusiannya sudah dilakukan di beberapa titik ya. Dan hari ini sudah mulai disuntikan di Jawa Timur. Alhamdulillah ketua MUI di Jawa Timur juga sudah disuntikan dengan AstraZeneca," kata Oscar kepada wartawan di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (22/3/2021).

Dengan mulai didistribusikannya vaksin AstraZeneca, Oscar berharap dapat mempercepat kekebalan kelompok atau herd immunity di Indonesia. Dia menambahkan, vaskin AstraZeneca yang digunakan di Indonesia tidak berbeda dengan yang dipakai di sejumlah negara.

"Saya rasa sama ya, platform-nya sama, semuanya sama. Tentunya ya dalam konteks di kita insyaallah kita lebih akan mendapat percepatan-percepatan dalam cakupan imunisasi ini. Dan tentunya herd immunity yang ingin kita capai akan segera tercapai," kata Oscar.

Sebelumnya, Ketua Majelis Ulama Jawa Timur KH Hasan Mutawakkil Alallah menjadi salah satu orang yang mendapatkan suntikan dosis pertama vaksin AstraZeneca pada hari ini dan disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Hasan mengatakan, MUI serta kiai dan ulama di Jawa Timur sepakat bahwa vaksin AstraZeneca hukumnya halal. Hal ini sekaligus merespon mengenai isu kehalalan dari vaksin buatan perusahaan farmasi asal Eropa tersebut yang sempat diklaim haram oleh MUI pusat karena mengandung enzim babi.

"Tadi pagi bapak presiden telah bertemu dengan kiai-kiai sepuh, dan bapak presiden langsung mendengarkan apa pendapat dan respon dari para romo kiai, para pengasuh ponpes bahwa vaksin AstraZeneca ini hukumnya halalan dan thoyiban," ujar Hasan seperti dikutip dari siaran di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (22/3/2021).

Jokowi juga telah memerintahkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk segera mendistribusikan vaksin COVID-19 AstraZeneca ke seluruh provinsi di Indonesia.

"Tadi saya sudah memerintahkan kepada menteri kesehatan untuk segera mendistribusikan vaksin AstraZeneca ke Jawa Timur dan ke provinsi-provinsi yang lain," kata Jokowi.