Membahayakan Kesehatan, 5 Kebiasaan Sehabis Makan yang Harusnya Dihindari Saat Berbuka Puasa

ERA.id - Selama bulan Ramadan, berbuka puasa menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu setiap harinya. Mengonsumsi makanan dan minuman bernutri yang tepat saat berpuasa, tentu sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa.

Sehabis makan, beberapa orang memiliki kebiasaan yang dilakukan. Misalnya, memilih untuk tidur sehabis makan atau merokok. Kebiasaan ini rupanya bisa merugikan kesehatan. Dilansir dari Healthsupportmag pada Jumat (30/4/2021), berikut 5 kebiasaan sehabis makan yang harus dihindari.

1. Jangan Makan Buah Porsi Besar Setelah Makan

Ilustrasi anak-anak (Foto: Pexels/Jill Wellington)

Buah-buahan harusnya dimakan setidaknya satu jam atau 2 jam setelah makan. Buah memang mudah dicerna oleh tubuh. Namun, jika dimakan sehabis makan, maka kandungan buah tak bisa dipecah secara sempurna oleh tubuh.

2. Jangan Segera Mandi Setelah Makan

Cara yang baik agar kerja sistem pencernaan terhenti adalah mandi segera setelah kekenyangan karena makan besar. Darah yang harusnya berkonsentrasi dii area perut menyokong proses pencernaan menjadi mengalir dari atas kepala hingga ujung kaki. Darah yang tak lagi berfokus ke area perut akan memperlambat kerja saluran cerna.

3. Jangan Minum Teh Setelah Makan

Ilustrasi wanita (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Daun teh memiliki kandungan asam. Keasaman rupanya bisa menganggu kinerja proses saluran pencernaan. Protein yang dibawa makanan akan membeku dan jadi keras setelah bereaksi dengan asam dalam daun teh. Hal ini bisa membuat tubuh sulit mencerna kandungan protein tersebut. Selain itu, penyerapan zat besi terganggu jika saluran cerna dipenuhi asam dari daun teh. Dianjurkan untuk minum teh satu jam sebelum malam berbuka atau dua jam setelah makan.

4. Jangan Merokok Setelah Makan

Penelitian mengatakan jika seseorang merokok setelah makan, sama saja dengan menghabiskan 10 batang dalam satu waktu. Kita semua sadar akan bahaya yang ditimbulkan jika rokok. Maka dari itu, lebih baik harus dihindari.

5. Jangan Tidur Setelah Makan

Ilustrasi pria (Foto: Unsplash/Shane)

Ketika kamu berbaring atau tidur selepas makan, tubuh akan menghentikan proses pencernaannya. Sebab, kondisi tubuh siap untuk beristirahat total. Efeknya ketika bangun, kamu akan terjaga dengan perut berisi makanan yang belum tercerna secara maksimal. Ancaman perut terasa penuh dan tak nyaman adalah yang akan menghadangmu di depan mata.