Pahami Sebelum Memilih, Inilah Perbedaan Botox dan Filler di Klinik Kecantikan

ERA.id - Memiliki wajah yang cantik adalah salah satu hal yang didambakan oleh setiap wanita. Dengan wajah cantik, wanita menjadi lebih percaya diri ketika berada dengan banyak orang. Salah satu yang menjadi hal paling penting ini adalah selalu tampil awet muda khususnya bagi mereka yang mungkin sudah berumur di atas 30 tahun.

Perawatan demi perawatan pun pasti dijalani supaya tampil lebih cantik dan awet muda. Salah satu yang mungkin cukup populer di kalangan para wanita adalah botox dan filler. Kedua perawatan ini sendiri memang menjadi salah satu alternatif bagi mereka yang ingin mendapatkan wajah cantik dan awet muda dengan cepat.

Walau kedua jenis perawatan cukup familiar, mungkin masih ada yang belum mengetahui apa itu botox dan filler. Botox adalah salah satu jenis perawatan dengan menyuntikkan cairan ke wajah.

Theo Daniel, Head Business NMW Clinic mengatakan jika botox tak hanya menghilangkan kerutan. Manfaat suntik botox bisa meniruskan pipi hingga mengurangi keringat.

"Botox bisa dipakai banyak hal seperti meniruskan pipi, mengurangi keringat. Mindset orang botox menghilangkan kerutan, padahal botox udah berkembang banyak dan banyak juga dilakukan," ungkap Theo Daniel saat ditemui Era.id peresmian pembukaan cabang NMW Clinic di Kebon Jeruk, Jakarta Barat baru-baru ini.

Sementara, filler sendiri adalah metode penyuntikan zat ke wajah yang bertujuan mendapatkan wajah cantik dan awet muda. Filler lebih ditujukkan memperbesar bagian tubuh tertentu, seperti pipi, bibir, mata, dagu, dan lainnya. 

"Filler bahan dasar bukan filler, tapi silikon bahan alami yang diserap tubuh. Banyak dilakukan dari berbagai area, seperti jidat, mata panda, bibir dan dagu," ujar Theo Daniel.

Tetapi, setiap filler yang dimasukkan dalam tubuh manusia memiliki jangka waktu tertentu. Jangka waktu setiap filler beragam, karena kandungan bahan dalam setiap filler berbeda-beda. Jangka panjang filler dalam tubuh juga tidak baik untuk kesehatan.

"Filler banyak dilakukan jadi karena benda itu dimasukan wajah jadi jangka panjangnya kurang baik ditubuh," kata Theo Daniel.

Menemukan klinik kecantikan saat ini sudah mudah, bahkan tidak hanya dikota-kota besar. Yang paling utama adalah klinik kecantikan itu memperoleh lisensi untuk salon atau klinik kecantikan. 

"Semua menggunakan sertifikasi dari badan POM, pasti aman dan kualitas baik," tutur Theo Daniel.