Klarifikasi Menhub: Bukan Beri Vaksin Gratis, Tapi Tes COVID-19 Cuma-Cuma untuk Pemudik

ERA.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi megklarifikasi pernyataannya mengenai vaksin COVID-19 gratis untuk pemudik pada masa arus balik libur Lebaran 2021 via jalur darat. Budi menjelaskan, fasilitas yang diberikan bukan berupa vaksin melainkan tes COVID-19.

"Bersama ini kami menyampaikan klarifikasi bahwa yang dimaksud adalah diberikan tes COVID-19 secara gratis," ujar Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati melalui keterangan tertulis, Selasa (11/5/2021).

Adita menjelaskan, pernyataan Budi yang benar adalah Menhub mengusulkan kepada Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk memberikan tes COVID-19 gratis bagi pemudik yang melakukan perjalanan arus balik via jalur darat. Sedangkan untuk perjalanan transportasi lain akan diberlakukan pengetatan syarat perjalanan seperti pada masa pra peniadaan mudik.

"Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk antisipasi terjadinya lonjakan pada arus balik yang diprediksi mencapai puncak pada H+2 dan H+7 Idul Fitri 1442H/ 2021," kata Adita.

Lebih lanjut, Adita mengatakan, untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik pasca libur Lebaran 2021, pihaknya mengusulkan dua hal. Pertama, mengimbau masyarakat untuk menunda kepulangannya dari kampung halaman. Kedua, mengusulkan dilakukan testing yang intensif di berbagai tempat yang konsentrasinya besar.

"Seperti di Madiun, Ngawi, Surabaya, Solo, Jogja, Semarang, Cirebon, Jakarta bahkan yang dari Sumatera di Bakauheni. Kami mengusulkan kepada Menko Perekonomian dan Menkes untuk memberikan tes COVID-19 gratis bagi mereka yang melakukan perjalanan melalui darat," paparnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengusulkan agar pemerintah memberikan vaksin COVID-19 gratis kepada masyarakat yang melakukan perjalanan darat. Hal ini untuk mengantisipasi arus balik mudik Lebaran 2021.

Usulan tersebut, kata Budi, masih akan dibahas lebih lanjut dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

"Kami mengusulkan nanti pak Menko dan pak Menkes memberikan vaksin yang gratis kepada mereka yang melakukan perjalanan darat," ujar Budi dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (10/5/2021).