Aksi Surya Paloh Rayu Ridwan Kamil Ikut Konvensi Capres 2024 NasDem

ERA.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dikabarkan baru-baru ini menggelar pertemuan membahas konvensi capres.

"(Ridwan Kamil-Surya Paloh) sudah (ketemu). Pastinya kalau orang politik ketemu, bicaranya politik, nggak mungkin kan bicara soal lain," ujar Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali saat dihubungi, Senin (7/6/2021).

Ali juga mengungkapkan pertemun antara Ridwan Kamil dengan Surya Paloh salah satunya membahas mengenai rencana konvensi calon presiden yang digelar NasDem. Surya Paloh mengajak Ridwan Kamil ikut dalam konvensi tersebut.

Ajakan itu, kata Ali, bukan tanpa alasan. Menurutnya, beberapa kali mantan Wali Kota Bandung itu sudah kerap menyampaikan secara tersirat mengenai keinginannya maju di Pilpres mendatang.

"Mengajak (mengikuti konvensi capres 2021), kan Pak Ridwan Kamil itu sudah secara tersirat eksplisit mengatakan akan maju sebagai calon di nasional kan," kata Ali.

Untuk diketahui, Partai NasDem menggelar konvensi calon presiden 2024 yang rencananya digelar dengan bekerja sama dengan partai lain untuk memenuhi syarat minimal ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold) sebesar 20 persen kursi di Dewan Perwakilan Rakyat.

Menurut Ali, penjajakan yang dilakukan partainya tidak hanya dilakukan kepada Ridwan Kamil saja. Tetapi juga sejumlah tokoh lainnya untuk mengikuti konvensi capres 2024.

"Kan kalau NasDem itu sejak awal Ketua Umum (Surya Paloh) sudah tegaskan, penjaringan kita rekrutmen untuk capres lewat konvensi. Artinya kalau dia konvensi maka hari ini tidak ada calon presiden dari NasDem, belum ada. Maka kemudian mengundang semua orang, tokoh-tokoh yang punya kapasitas untuk ikut dalam kontestasi itu (konvensi) itu," kata Ali.