Tes Kepribadian: Menurutmu Manakah yang Bukan Keluarga Asli? Pilihanmu Ungkap Cara Proses Berpikirmu

ERA.id - Bicara soal keluarga, setiap orang pasti langsung teringat dengan ayah, ibu, anak, dan kehangatan rumah tangga. Tiga personel dan satu situasi tersebut merupakan faktor utama yang menjadi dasar terbentuknya sebuah keluarga. Tanpa dilengkapi sebuah keluarga di kehidupan kita tentunya akan terasa hampa.

Tanpa disadari, hubungan yang terjalin antara kamu dan anggota keluarga lainnya bisa menunjukkan kepribadianmu. Kamu bisa mengikuti tes kepribadian ini untuk membantumu mengetahui bagaimana hubunganmu dengan keluarga yang telah membentuk kepribadianmu.

Dilansir dari themindsjournal.com pada Rabu (9/6/2021), dalam gambar itu ada tiga keluarga masing-masing memiliki ibu, ayah dan anak. Lalu, kamu tebak dari ketiga keluarga, mana yang bukan keluarga asli?

Tes Kepribadian (Foto: The Minds Journal)

1. Keluarga 1

Apabila kamu memilih keluarga 1, kamu bukan orang yang berorientasi pada keluarga dan kebanyakan mengutamakan teman serta kolega. Alasanmu memilih keluarga karena kamu berpikir bahwa ayah dalam gambar tersebut tidak peduli dengan anak dan ibunya.

Atau kamu mungkin berpikir bahwa ibu menjauhkan anak dari ayah yang kamu tidak bertanggung jawab. Meskipun kamu telah memilih ini sebagai keluarga palsu, kenyataannya ini adalah keluarga nyata. Dimana ibu melindungi anaknya dari ayah yang tidak peduli.

Jawabanmu mengisyaratkan bahwa kamu mungkin tumbuh tanpa sosok ayah yang kuat. Interpretasimu juga mengungkapkan bahwa kamu adalah orang yang peduli. Kamu ingin meningkatkan kehidupan orang lain dan menikmati rasa bahagia itu. Kamu mungkin tidak tahu apa itu keluarga sebenarnya, tetapi naluri keibuanmu untuk melindungi orang lain dari rasa sakit yang kamu derita dalam hidupmu.

2. Keluarga 2

Jika kamu memilih keluarga 2, artinya kamu orang yang dicintai lebih dari apa pun di dunia ini. Kamu mungkin menganggap keluarga ini palsu karena orangtua terlalu fokus pada diri mereka masing-masing. Baik ibu dan ayah, mereka mengabaikan anak itu dan bahkan tidak saling berpegangan tangan.

Interpretasimu menunjukkan bahwa kamu percaya keluarga harus menjadi prioritas penting dan pertama. Mereka yang mengutamakan kebutuhan keluarga dapat membangun hubungan yang stabil dan langgeng. Kamu tampil sebagai orang yang selalu ingin orang yang dicintai bahagia. Oleh karena itu, kamu berupaya membangun kepercayaan dan mempertahankan komitmen.

3. Keluarga 3

Kemudian kamu mungkin memiliki masa lalu traumatis atau berada dalam keluarga yang disfungsional. Alasanmu memilih keluarga 3 mungkin karena kamu melihat keluarga yang bahagia dan penuh kasih sayang. Gambar tersebut menggambarkan perhatian dan kasih sayang orang tua serta ikatan yang baik dengan anak. Sulit dipercaya, nyatanya keluarga ini palsu.

Pilihanmu mengisyaratkan pemikiran negatif, penyakit psikologis dan kurangnya kepercayaan. Persepsi seperti itu mungkin disebabkan oleh pola asuh yang buruk dan hubungan yang buruk sejak usia muda. Kamu mungkin telah menyaksikan pelecehan, kekerasan, atau perpisahan orang tua di masa kanak-kanak, yang mengakibatkan pemahaman yang tidak tepat tentang apa itu keluarga yang sehat.