Pentingnya Tekonologi Digital untuk Kemajuan Pariwisata

ERA.id - Tak bisa dipungkiri bahwa selama pandemi COVID-19, industri pariwisata salah satu sektor yang paling dirugikan. Untuk memulihkan pariwisata di Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengatakan bahwa inovasi baru dan penerapan teknologi digital yang mengikuti tren masa kini.

"Ide atau inovasi out of the box berbasis teknologi digital sangatlah berperan penting untuk membangkitkan industri pariwisata Indonesia," ujar  Koordinator Tata Kelola Ekonomi Digital II Kemenparekraf, Muhamad Tidar Hetsaputra, saat konferensi pers virtual Kemanayo, pada Selasa (15/6/2021).

Potensi pariwisata di Indonesia sangatlah luas dan besar. Dengan adanya teknologi digital yang memudahkan setiap masyarakat mengetahui destinasi wisata yang akan dikunjungi, pastinya akan membuat setiap wisatawan merasa lebih mudah dalam mengakses semua kebutuhan liburannya hanya lewat internet.

"Potensi pariwisata Indonesia sangat besar, dengan inovasi dan penerapan teknologi, kedepannya akan menumbuhkan ekosistem digital yang saya harap dapat membuka segala potensi pariwisata Indonesia,"

Informasi seperti hotel, akomodasi yang diperlukan untuk menuju lokasi wisata, bahkan destinasi wisata terpencil yang dimuat di teknologi digital akan memudahkan setiap orang yang akan berlibur ke suatu daerah.

Menurut Tidar, semakin banyak wisatawan yang mengunjungi suatu daerah juga akan menaikkan ekonomi daerah tersebut dan juga membantu memulihkan ekonomi Indonesia yang sangat menurun di tengah pandemi.

"Sektor pariwisata saat ini masih menjadi penyangga ekonomi daerah. Oleh karena itu, jika industri pariwisata maju tentu akan membantu memulihkan perekonomian Indonesia," ucapnya.