Jubir Wapres Klarifikasi Soal Ajakan Wisata ke Raja Ampat: Persiapan Bila Pandemi Pulih

ERA.id - Juru Bicara Wakil Presiden RI Masduki Baidlowi mengklarifikasi pernyataan Wakil Presiden Ma'ruf Amin soal ajakan berwisata ke Raja. Dia menegaskan, Ma'ruf tidak dalam rangka mengajak masyarakat berwisata di tengah lonjakan kasus COVID-19 yang belakangan ini terjadi.

Masduki menjelaskan, ajakan Ma'ruf itu ditujukan saat kondisi pandemi COVID-19 di Tanah Air mulai melandai. Bukan untuk saat ini di mana pemerintah tengah menerapkan pengetatan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro.

"Harus saya tegaskan bahwa maksud pernyataan Wapres tersebut adalah dalam rangka persiapan apabila kondisi pandemi COVID-19 sudah pulih dan aman. Bukan saat ini, ketika kita sedang menghadapi pandemi COVID-19 dengan kebijakan pembatasan-pembatasan ketat," tegas Masduki melalui keterangan tertulis, Selasa (29/6/2021).

Masduki juga menekankan, selama ini Ma'ruf adalah sosok yang konsisten dan sangat peduli mengajak seluruh lapisan masyarakat terlibat secara intens menangani COVID-19 beserta dampaknya. Ia juga sangat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dalam melakukan interaksi sehari-hari maupun dalam menjalankan tugasnya sebagai Wakil Presiden.

"Untuk itu sekali lagi saya tegaskan bahwa Wapres tidak mengajak masyarakat untuk berwisata di tengah masa pandemi COVID-19 saat ini, melainkan memberikan semangat agar masyarakat semakin ketat menerapkan protokol kesehatan untuk membantu pemulihan masyarakat di bumi pertiwi Indonesia dari dampak pandemi, sehingga masyarakat dapat hidup aman serta berwisata dengan menerapkan protokol kesehatan seperti sedia kala," kata Masduki.

Masduki menambahkan, saat kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia sudah melandai sekalipun, Ma'ruf tetap mengimbau masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan. Sebab, dengan mengetatkan protokol kesehatan makan pandemi COVID-19 bisa dikendalikan dengan baik dan berdampak pada pemulihan ekonomi di berbagai sektor termasuk pariwisata.

"Insyaallah kita bisa menekan laju penyebaran COVID-19 dan Indonesia segera pulih dan aman dari pandemi COVID-19. Di saat itulah kita membangkitkan ekonomi nasional, termasuk di dalamnya, mengaktifkan kunjungan pariwisata," katanya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin justru mendorong masyarakat untuk berwisata ke Raja Ampat, Papua Barat. Menurut Ma'ruf, ajakannya itu sesuai dengan program Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia yang mendukung percepatan pemulihan ekonomi di sektor pariwisata.

"Berkenaan degan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia, saya mengajak kita semua untuk berwisata ke Raja Ampat yang terkenal dengan keindahan alam dan budayanya," ujar Ma'ruf saat membuka acara Raja Ampat e-Festival yang dikutip dari kanal YouTube Wakil Presiden RI pada Selasa (29/6/2021).

Kendati masih dalam kondisi pandemi COVID-19, Ma'ruf mengimbau masyarakat yang hendak berwisata untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Dia juga meminta agar para pelaku usaha dapat menyiapkan produk-produk usaha mikri kecil dan menengah (UMKM) yang mendukung pariwisata di Raja Ampat.

Pernyataan Ma'ruf menuai kritik lantaran bertentangan dengan imbauah dari Presiden Joko Widodo yang mememinta tolong agar masyarakat tetap berada di rumah jika tidak ada kebutuhan mendesak. Hal ini untuk menekan laju penyebaran COVID-19 yang belakangan makin menggila.