Momen Bansos Tunai Cair, Warga Jakarta Antre di Depan ATM hingga Timbulkan Kerumunan

ERA.id - Bantuan Sosial Tunai (BST) mulai disalurkan bagi warga DKI Jakarta pada Senin (19/7/2021).

"Sesuai instruksi Kantor Pusat PT Pos Indonesia, penyaluran BST dilakukan mulai tanggal 19 Juli sampai 27 Juli 2021," kata Kepala Kantor Pos Jakarta Pusat Syafrizal dalam keterangan di Jakarta, Senin (19/7/2021).

Namun, antrean BST di beberapa tempat malah menimbulkan kerumunan. Seperti yang terjadi di ATM Bank DKI Cabang Pasar Induk Beras Cipinang. Antrean warga tampak mengular hingga ke luar kantor cabang.

BST ini diberikan bagi setiap keluarga yang berhak sebesar Rp600 ribu untuk dua bulan, yakni Mei dan Juni.

Warga DKI bisa melakukan pengecekan di laman web corona.jakarta.go.id pada tab bantuan sosial untuk melihat apakah mereka termasuk penerima bantuan.

Pengecekan dilakukan dengan menggunakan nomor kartu keluarga (KK). Berdasarkan data, ada sebanyak 55.346 KK di wilayah Jakarta Pusat yang berhak menerima bantuan tersebut.

Penerima BST disyaratkan terdaftar sebagai penerima bantuan sosial sembako tahun 2020 hasil pembaruan dan pemadanan data Disdukcapil Provinsi DKI Jakarta. Kemudian tidak termasuk penerima Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan/atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Penerima BST akan menerima undangan maksimal H-1 pelaksanaan dari petugas wilayah yang ditunjuk. Apabila warga tidak hadir sesuai jadwal pertama, akan dijadwalkan kembali pada undangan kedua hingga undangan ketiga setelah distribusi tahap pertama selesai di lima wilayah DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu.