Pertamina Resmi Kelola Blok Rokan, Mbak Puan: Kado HUT RI

ERA.id - Ketua DPR RI Puan Maharani mengapresiasi alih kelola Blok Rokan di Provinsi Riau oleh PT Pertamina Hulu Rokan, setelah sebelumnya nyaris satu abad dikuasi oleh PT Chevron Pasific Indonesia (CPI).

Dia berharap, kembalinya Blok Rokan yang sebelumnya dikuasai perusahaan asing dapat memberi kontribusi dan multiplier effect bagi perekonomian nasional, baik dari sisi pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja serta peningkatan kesejahteraan rakyat.

"Kembalinya Blok Rokan ke pangkuan Ibu Pertiwi ini harus betul-betul dirasakan manfaatnya oleh sebesar-besarnya rakyat Indonesia," ujar Puan melalui keterangan tertulis, Senin (9/8/2021).

Puan meminta seluruh anak bangsa untuk mendukung Pertamina untuk mengoperasikan ladang minyak terbesar di Tanah Air.

Dengan dukungan itu, dia juga berharap Pertamina bisa memimpin perjuangan untuk menjaga dan meningkatkan produksi migas di Blok Rokan.

"Ini semua demi kemandirian dan kedaulatan energi nasional," kata Puan.

Lebih lanjut, Puan menyebut pengambil alihan kelola Blok Rokan oleh Pertamina menjadi kado bagi HUT RI ke 76. Dia berharap hadiah itu semakin mempertebal jiwa nasionalisme dan rasa cinta Tanah Air.

"Kembalinya Blok Rokan ke pangkuan Ibu Pertiwi adalah hadiah HUT RI ke-76, setelah medali emas yang ditorehkan Greysia-Apriyani di Olimpiade Tokyo. Blok Rokan jadi hadiah kedua," katanya.

Diberitakan sebelumnya, PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) akhirnya secara resmi mengelola Blok Rokan mulai 9 Agustus 2021. Sebelumnya ladang minyak seluas 6.453 kilometer persergi ini dikelola PT Chevron Pacific Indonesia (CPI).

Dengan pengelolaan yang baru, Blok Rokan diharapkan bisa mencapai target produksi minyak 165 MBOPD pada 2021, atau 24 persen untuk kontribusi nasional.