Gim PC Ini Terinspirasi oleh Kapal Ever Given yang Kandas di Terusan Suez

ERA.id - Sebuah gim PC bernama 'Whatever' bakal menawarkan sensasi mengemudikan kapal kontainer di tengah kanal sempit dan berliku serta halangan lainnya, seraya menggambarkan tantangan yang dialami kapal inspirasinya, Ever Given, yang pada akhir Maret setengah kandas di Kanal Suez.

Kapal kontainer berbendera Panama, Ever Given, membuat berita akhir Maret lalu. Kapal raksasa ini tak berkutik selama enam hari dan memaksa drama 'pembebasan' kapal lintas-negara selama siang dan malam. Posisinya yang melintang, memaksa banyak kapal parkir selama berhari-hari di Laut Merah dan kawasan Mediterrania, melansir ERA.id, (26/3/2021).

Gim 'Whatever' sendiri merupakan sebuah gim independen kecil karya pengembang asal Bangkok, Napas 'Jet' Torteeka, seperti diberitakan Axios. Pengembang gim berusia 36 tahun itu mengaku telah membuat karya semacam ini selama 15 tahun terakhir.

Kepada Axios, ia bercerita bagaimana pada Maret lalu, ia tengah mencari ide gim baru ketika menemukan berita tentang kapal Ever Given di Facebook. Penasaran dengan apa yang terjadi, ia bertanya pada dirinya, "Apa yang dilakukan kapten dan kru sehingga kapal bisa terjebak seperti itu?"

Dari situlah muncul ide membuat gim di mana para pemainnya berperan se bagai kapten yang mengemudikan kapal.

Proyek gim yang mengadaptasi saga terjebaknya kapal Ever Given ternyata bukan kali ini saja terjadi. Axios menyebut bahwa pada Maret, seorang pemain memodifikasi gim 'Microsoft Flight Simulator' sehingga pemain bisa terbang di atas kapal nahas itu.

Di musim semi tahun ini, pengembang gim 'Panama Canal Simulator' bahkan buru-buru merilis sebuah variasi gim bernama 'Suez Canal Simulator', di mana para pemain bisa merasakan mengemudikan kapal raksasa Ever Given itu.

Gim PC buatan Torteeka kali ini cukup menonjol dibanding gim-gim lainnya yang dirilis tahun ini, mengingat cepatnya gim ini dikembangkan.

'Whatever' untuk saat ini masih belum bisa dimainkan, namun, melansir Axios, gim ini kemungkinan bisa dimainkan dalam versi 'early access' paling cepat akhir September.

Torteeka berharap gim bergaya kartun yang ia buat bisa membuka mata para pemain, dengan cara yang menyenangkan, soal bagaimana rasanya mengemudikan kapal berbeban berat. Bahkan, sang pengembang gim sendiri mengakui kekagumannya saat memainkan prototipe untuk gim ini.

"Saat saya pertama kali memainkan prototipe ini," kata dia, "saya jadi bisa memahami seberapa keren para kapten kapal kargo itu."