Masuk PPKM Level 3, Solo Segera Buka Sekolah Tatap Muka, Gibran: Nggak Usah Simulasi, Kelamaan

ERA.id - Pekan ini Kota Solo masuk dalam status PPKM Level 3. Untuk itu Pemkot Solo mulai mempersiapkan pembelajaran tatam muka (PTM).

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka telah melakukan pertemuan dengan para kepala sekolah. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kesiapan sekolah dalam menggelar PTM.

”Intinya kami siap PTM. Dinas Pendidikan sudah mengumpulkan kepala sekolah,” katanya pada Selasa (1/9/2021).

Untuk pelaksanaan PTM kali ini, rencananya sekolah akan melaksanakan secara sungguh-sungguh. Sebab sudah banyak sekolah yang melakukan simulasi PTM pada beberapa bulan lalu sebelum ada kebijakan PPKM darurat.

”Kalau sudah siap tidak perlu simulasi lagi, nanti kelamaan. Intinya izin dari orang tua siswa  saja,” katanya.

Secara pararel, Gibran juga masih akan menyelesaikan vaksinasi pelajar. Selain itu, sejumlah sekolah yang digunakan untuk tempat isolasi terpusat pun segera ditutup untuk persiapan PTM.

"Kita pengin anak-anak segera sekolah. Kita utamakan yang paling tua dulu, kelas 3 SMA dulu. Nanti sambil jalan pararel vaksinasi untuk anak tetap jalan," ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Solo Etty Retnowati mengatakan pelaksanaan PTM sudah bisa dimulai pekan ini. Ada sebanyak 55 SMP dan 16 SD yang sudah pernah melakukan simulasi. Sehingga sekolah ini dirasa sudah siap melaksanakan PTM.

”Kalau sudah siap, bahkan minggu ini bisa mulai,” ucapnya.