Ralat Ucapan Anies, Wagub DKI Jakarta: Holywings Ditutup Sampai PPKM Selesai

ERA.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahamd Riza Patria meralat sanksi penutupan Holywings Resto and Bar di kawasan Kemang, Jakarta Selatan karena telah melanggar protokol kesehatan dan aturan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Riza mengatakan, Holywings hanya ditutup hingga PPKM berakhir, bukan selama pandemi Covid-19. Adapun PPKM khusus Pulau Jawa-Bali kembali diperpanjang mulai 7 September hingga 13 September 2021.

"Holywings ditutup sampai pandemi selesai. Eh maaf, bukan pandemi, sampai PPKM selesai. Kalau pandemi bisa bertahun-tahun, jadi selama PPKM masih berlangsung (Holywings ditutup) sementara itu keputusannya," kata Riza kepada wartawan yang dikutip pada Jumat (10/9/2021).

Ke depannya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal mempertimbangkan masukan dari anggota DPRD DKI Jakarta untuk melakukan audit terhadap Holywings karena sudah tiga kali melanggar aturan PPKM.

"Ya masukan dari DPRD kami pertimbangkan," kata Riza.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan Holywings Bar and Resto yang berada di kawasan Kemang, Jakarta Selatan harus ditutup hingga pandemi Covid-19 selesai. Keputusan tersebut merupakan sanksi karena melakukan pelanggaran protokol kesehatan dan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Kita tidak akan membiarkan yang seperti ini untuk melenggang tanpa kena sanksi yang berat. (Sanksi) nggak boleh beroperasi, titik. Sampai pandemi ini selesai," tegas Anies di Balai Kota Jakarta, Rabu (8/9/2021).

Pelanggaran yang dilakukan pihak Holywings, menurut Anies merupakan bentuk pengkhianatan terhadap usaha jutaan orang yang selama berbulan-bulan ini menjaga protokol kesehatan.

Dia menegaskan, tempat usaha yang sudah diberi pelonggaran untuk beroperasi kembali sebaiknya ikut melindungi kesehatan masyarakat. Dengan melanggar peraturan dan membiarkan adanya kerumunan maka sama saja membayakan nasib warga dan juga perekonomian.

"Itu bukan sekadar melanggar, tetapi telah membahayakan nasib warga Jakarta dan perekonomian Jakarta," kata Anies.

"Holywings dan semacamnya, dia telah mengkhianati jutaan orang yang bekerja setengah mati berada di rumah. Itu betul-betul merendahkan usaha semua orang," tegasnya.