Wali Kota Bobby Wajibkan ASN Berbaju Adat, UMKM di Bidang Fashion Adat Langsung Kegirangan

ERA.id - Peraturan Wali Kota (Perwal) Medan Bobby Afif Nasution terkait menggunakan pakaian adat bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Medan pada hari tertentu, menjadi berkah bagi pelaku UMKM yang bergerak di bidang fashion adat.

Toko Rumah Uis di Jalan Jamin Ginting Medan, yang selama pandemi Covid-19 masih belum berani memproduksi busana khas adat di Sumut. Namun, dengan kebijakan terbaru yang mewajibkan memakai pakaian adat, menjadi angin segar bagi pelaku usaha.

"Ketika saya baca di media tentang kebijakan Pak Wali Kota soal baju adat, saya langsung semangat lagi dan berani memproduksi. Ini jadi angin segar bagi kami yang juga merasakan dampak pandemi. Tiga bulan terakhir ini kami benar-benar sulit. Dengan kebijakan Pak Wali kami jadi semangat lagi. Saya apresiasi sekali langkah Pak Wali," Averiana Barus, Jumat (10/9/2021).

Dijelaskan wanita yang akrab disapa Ave itu, meski display yang dipajang tokonya adalah Uis dan pakaian khas Karo. Akan tetapi tak menutup kemungkinan juga menerima pesanan pakaian adat lainnya.

"Memang display Karo karena saya orang Karo. Tapi yang lain misal Simalungun, saya siap juga membuatnya. Karena kita juga kerja sama dengan pengrajin khas Simalungun dan etnis lainnya. Intinya kami senang dengan program pak wali hingga kami berani produksi lagi," kata Ave.

Wali Kota Bobby Afif Nasution bersama Kahiyang Ayu berbelanja baju adat di Rumah Uis Jalan Jamin Ginting Medan (Istimewa)

Toko milik Ave langsung mendapat orderan baju adat khas suku Karo. Pemesannya adalah si pembuat kebijakan, yakni Bobby Afif Nasution bersama ketua TP PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu. Orang nomor satu di Kota Medan itu datang untuk membeli bakal kain bermotif khas Karo sekaligus menjahit pakaian baru.

"Saya sama istri tadi beli bakal Uis Karo, sekaligus dijahitkan jadi kemeja. Saya imbau agar ASN membeli juga pakaian adatnya supaya membantu pelaku UMKM, membantu penenun. Jangan cuma sewa, ASN harus beli," kata Bobby di Rumah Uis.

Bobby mengatakan dengan kebijakan tersebut harapannya dapat membangkitkan gairah pelaku UMKM kembali bergerak, dalam hal ini bidang fashion.

"Kita harus support, ASN beli yang baru pakaiannya jangan cuma sewa," ungkapnya.

Ave membocorkan bahwa Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Kahiyang ayu membeli kain Uis jenis Bekabulu atau belah bambu dan kain sarung khas Karo.

Sudah dua kali hari Jumat Bobby Nasution mengenakan pakaian adat di sela aktivitasnya. Pertama kali, Bobby mengenakan pakaian adat asal Melayu setelah Perwal diterbitkan yakni pada Jumat (10/9/2021).

Sedangkan hari ini Bobby tampak mengenakan pakaian adat Batak Toba. Itu sesuai dengan Perwal yang dibuatnya, setiap Hari Jumat ASN di Pemko Medan harus mengenakan baju adat. Khususnya 11 suku yang ada di Kota Medan.